Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dari Perampok Hingga Pencuri Motor, Polisi Kudus Tangkap 14 Penjahat dalam Operasi Sikat Candi

MURIANEWS, Kudus – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kudus berhasil mengungkap tujuh kasus kejahatan di Kabupaten Kudus dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020 yang berlangsung selama 20 hari. Dari tujuh kasus yang terungkap polisi berhasil mengamankan 14 tersangka.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan dalam Operasi Sikat Candi 2020, Polres Kudus berhasil mengungkap empat kasus target operasi (TO). Yakni kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Selain itu, polisi juga berhasil mengungkap tiga kasus di luar target operasi. Yakni kasus pencurian dengan kekerasan (curas).

Termasuk di antaranya kasus perampokan yang menimpa pengusaha Lim Cahyo Wibowodi Jalan Ahmad Yani, Kudus, di mana pelaku berhasil menguras harta benda korban yang nilainya mencapai Rp 2,2 miliar.

“Itu termasuk kasus curas  yang berada di Jalan Ahmad Yani beberapa waktu lalu,” katanya Senin (3/8/2020) saat gelar konfrensi Press di Mapolres Kudus.

Dalam kasus itu, tujuh orang berhasil ditangkap di daerah Jawa Barat. Polres Kudus mendapat dukungan dari Polda Jateng untuk mengungkap kasus ini.

Baca: Perampok Pengusaha Kudus Ditangkap di Jabar, Polisi Amankan Uang Rp 1,6 Miliar

Dalam tujuh kasus yang berhasil terungkap ini, Polres Kudus berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya enam unit sepeda motor, dua unit mobil, kamera, kunci letter T, perhiasan, 76 buah sertifikat tanah, 2.684 lembar uang asing dari berbagai negara,  dan uang tunai Rp 1,6 miliar.

“Tersangka dari beberapa kelompok. Ada yang residivis sudah melancarkan aksi lima kali dan dua kali, ada juga dari tersangka yang baru coba-coba,” ungkapnya.

Kesemua tersangka dijerat dengan pasal yang berbeda-beda, antara lain 480 KUHP terkait penadah barang kejahatan, pasal 362 KUHP tentang pencurian, 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat Kudus untuk selalu berhati-hati menjaga harta benda di rumah dan selalu memberi kunci ganda pada kendaraan.

Karena pada ungkap kasus tersebut, ada salah satu kasus yakni korban meninggalkan kunci sepeda motor di tepi jalan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...