Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

99 Desa di Kudus Sudah Bagikan BLT DD Tahap III, Totalnya Rp 11,1 Miliar

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 99 desa dari 123 desa di Kabupaten Kudus telah mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap ketiga. Total nilai yang dibagikan mencapai Rp 11,1 miliar.

“Untuk saat ini desa-desa lainnya tengah berproses,” kata KASI keuangan dan Aset pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kudus, Slamet, Senin (3/8/2020).

Sementara untuk desa yang belum melakukan pembagian, lanjut dia, tersebar di delapan kecamatan.  Untuk Kecamatan Gebog, ada dua desa yakni Desa Klumpit dan Besito.

Sementara untuk Kecamatan Jekulo, ada lima desa. “Yakni Desa Bulung Kulon, Gondoarum, Terban, Pladen, dan Hadipolo,” ujarnya.

Sementara untuk Kecamatan Mejobo, ada satu desa yakni Desa Hadiwarno. Kemudian Kecamatan Undaan, ada sebanyak dua desa yang belum membagikan.

Yakni Desa Kutuk dan Wonosoco. Kemudian untuk Kecamatan Jati, ada tiga desa. “Tiga desa tersebut adalah Desa Pasuruhan Kidul, Jati Kulon, dan Loram wetan,” lanjut dia.

Selanjutnya untuk Kecamatan Kota, yang belum melakukan pembagian adalah Desa Demangan, Desa Demaan, dan Desa Singocandi. Kemudian untuk Kecamatan Kaliwungu ada tiga desa, yakni Sidorekso, Gamong, dan Kedungdowo. “Sementara untuk satu kecamatan yang sudah yakni di Kecamatan Bae,” kata dia.

Selain itu, ada sejumlah slot bantuan yang memang dikembalikan ke kas desa. Pihaknya sendiri mencatat sudah ada sebanyak 48 slot. Jumlah tersebut juga diperkirakan akan bertambah karena penyaluran masih berlangsung.

Pengembalian tersebut dilakukan karena keluarga penerima dirasa tidak layak menerima bantuan. “Ada sebanyak 21 paket BLT DD yang dikembalikan dengan nominalnya, RP 12,6 juta,” jelas dia.

Untuk diketahui, jumlah penerima bantuan di masing-masing desa, memang berbeda-beda. Tergantung Dana Desa yang dimiliki masing-masing desa.

Untuk dana desa di bawah Rp 800 juta per tahun maksimal 25 persen dialokasikan BLT. Sementara Dana Desa Rp 800 juta sampai dengan Rp 1,2 miliar maksimal 30 persen. Kemudian jika di atas Rp 1,2 miliar maka alokasi maksimalnya 35 persen.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...