Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Libur Panjang di Tengah Pandemi, Plt Bupati Kudus: Tidak Usah Berwisata

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengingatkan warganya agar tak usah bepergian selama tidak mendesak. Terutama untuk melakukan kegiatan berwisata.

Walau mulai Jumat (31/7/2020) hari ini, telah masuk libur Idul Adha dan akhir pekan hingga Minggu (2/8/2020) mendatang.

“Jangan ceroboh dan jangan liburan dulu, waktunya tidak tepat,” katanya usai menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Agung Kudus, Jumat (31/7/2020).

Hal tersebut, kata dia, adalah karena kasus corona di Kabupaten Kudus masih tergolong tinggi. Pihaknya juga meminta agar masyarakat ekstra hati-hati dan selalu menjalankan protokol kesehatan.

“Kami minta kesabaran dan kedisiplinan masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” ujarnya.

Selain itu, Hartopo juga mengajak masyarakat menjaga kebersihan untuk terhindar dari Covid-19. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, dan jaga jarak.

“Hal tersebut juga sesuai dengan hadis yang menerangkan bahwa kesehatan merupakan sebagian dari iman. Mari kita tetap pakai masker di manapun berada, mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Ingat, kebersihan merupakan sebagian dari iman,” jelasnya.

Sementara soal Idul Adha, Hartopo mengajak umat muslim untuk mengambil hikmah atas ujian dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail.

Terutama dalam upaya takwa kepada Allah SWT. Pihaknya mengajak umat untuk merelakan sesuatu yang berharga karena semuanya merupakan titipan dari Allah SWT.

Dalam ibadah kurban tahun ini, Hartopo menyerahkan seekor kerbau kepada ketua takmir Masjid Agung Kudus, Noor Badi. Hartopo berpesan agar saat penyembelihan dan pembagian hewan kurban nanti protokol kesehatan harus terus diterapkan.

“Semoga hewan kurban ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...