Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.142 Orang di Blora Sudah Diswab, Hasilnya 142 Positif Covid-19

MURIANEWS, Blora – Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi menyampaikan, hingga saat ini kasus konfirmasi Covid-19 positif sebanyak 142 orang.

Rinciannya, 53 masih dirawat, 80 selesai isolasi (sembuh) dan sembilan meninggal.

Hasil ini didapat dari swab test terhadap 1.142 warga sejak corona masuk ke Blora.

“Dari data itu menunjukkan kalau kasus Covid-19 di kabupaten Blora masih cukup tinggi. Artinya, kita dan masyarakat masih belum disiplin terhadap protokol kesehatan,” kata Komang saat jumpa pers, Kamis (30/7/2020).

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada semua warga supaya tetap menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan agar kasus Covid-19 di kabupaten Blora dapat turun.

“Disiplin, ini penting bagi kita semua. Selalu kita ingatkan jaga jarak, hindari berkerumun, hindari keluar rumah bila tidak penting, dan biasakan cuci tangan pakai sabun sesering mungkin setelah beraktivitas,” cetusnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Lilik Hernanto menambahkan, jumlah kumulatif pemeriksaan swab test yang sudah dilakukan hingga hari ini sebanyak 1.142 orang. Angka ini sekitar 37,85 persen dari total target yang harus dilakukan sebagai indikator surveilans epidemiologi.

“Idealnya adalah setiap 100 ribu penduduk, kita melakukan swab sebanyak 350 orang. Jadi target kita lebih kurang 3.017,” ungkapnya.

Sementara itu swab test dalam tiga hari terakhir sudah keluar hasilnya sebanyak 22 set. Di mana, dari hasil swab test itu ada penambahan empat kasus positif Covid-19.

“Atau saya tambahkan bahwa secara positivity rate Covid-19 dari jumlah swab test yang kita periksa dengan yang positif masih lebih dari 5 persen. Ini menunjukkan indikator bahwa penularannya masih sangat tinggi. Idealnya memang di bawah 5 persen,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...