Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Idul Adha, Harga Bawang Merah di Pati Terjun Bebas

MURIANEWS, Pati – Sehari sebelum perayaan Idhul Adha, harga bawang merah di tingkat petani terjun bebas. Tak tanggung, untuk satu kilogramnya hanya jatuh diangka Rp 8 ribu. Padahal pada Idhul Adha tahun lalu, harganya kerap kali mengalami kenaikan.

Petani bawang merah di Desa Ngurenrejo, Kecamatan Wedarijaksa, Susanto mengatakan, untuk bawang merah dengan kualitas super perkilogramnya hanya Rp 10 ribu. Sementara kualitas di standar hanya Rp 8 ribu.

“Harga bawang merah dari hari ke hari turun terus. Kalau menjelang Idul Adha seperti ini biasanya mengalami kenaikan. Namun tahun ini bukannya naik, malah turun,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Bersamaan dengan itu, permintaan bawang merah pun mengalami penurunan. Padahal pada Idul Adha tahun lalu, permintaan mengalami kenaikan. Harganya pun juga demikian.

Menurutnya, terjunnya harga bawang merah itu sudah terjadi selama dua pekan belakangan. Kalau diruntut lebih lanjut, harga bawang merah turun selepas Idul Fitri. Saat itu harga bawang merah berada di pucak dengan nilai per kilogram sebesar Rp 25 ribu – Rp 30 ribu.

“Kita sebagai petani mengacu harga normal, ya Rp 15 ribu ke atas, baru bisa dikatakan mendapatkan keuntungan. Namun jika harga di bawah Rp 15 ribu dan hasil panen kita tidak bisa kualitas super, pasti kita merugi,” jelasnya.

Per satu hektare lahan pertanian, Susanto memprediksi mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Lantaran untuk satu hektare lahan saja, ia membutuhkan bibit dengan harga Rp 50 juta.

“Kalau total modal sekitar Rp 90 juta, itu termasuk biaya tenaga jasa, obat, pupuk dan ongkos produksi lainnya. Untuk saat ini, kalau bisa kualitas super semua paling menghasilkan Rp 80 juta. Kalau tidak bisa kualitas super, kami sebagai petani semakin terpuruk,” imbuhnya.

Dirinya memprediksi beberapa pekan ke depan, jika kondisi ini terus terjadi, diperkirakan harga bawang merah akan jatuh di angka Rp 7 ribu per kilogram. Mengingat adanya panen raya di sejumlah sentra bawang merah di Indonesia.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...