Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bernostalgia Masa Kecil dengan Kue Terang Bulan Jadul

MURIANEWS, Kudus – Kue terang bulan yang ngehits di era 1980 hingga 1990-an kini muncul kembali di Kudus. Kue jadul terbuat dari adonan tepung yang dipadu dengan margarin, susu cokelat dan meses itu kini menjadi buruan warga hanya untuk mengingat masa kecil mereka.

Bahkan di sudut-sudut jalan Kota Kretek kue jadul tersebut sekarang mudah ditemui. Harganya pun cukup terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 3 ribu sudah bisa menikmati lezatnya kue jadul sembari bernostalgia masa kecil.

Dengan bermodalkan sepeda kayuh dengan kotak di belakang, salah seorang penjual kue terang bulan jadul Asal Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu, Kudus Khoirudin, menjajakan kue jadulnya ke sudut-sudut kota Kudus.

Sesekali ia berhenti di Jalan Veteran, Kecamatan Kota, Kudus untuk menunggu pelanggan datang. “Saya baru 2,5 bulan berjualan kue terang bulan jadul ini. Harganya cuma Rp 3 ribu saja untuk satu porsi,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Kue terang bulan legendaris yang ngetren di era tahun 1980 hingga 1990-an. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Menurutnya pembelinya kebanyakan para muda-mudi atau orang dewasa yang ingin bernostalgia dengan masa kecilnya. Dalam satu hari, ia bisa menjual sekitar 50 porsi kue terang bulan jadul.

“Kalau anak-anak justru jarang. Banyak juga yang bilang kalau ini kue masa kecilnya dulu yang sering dibeli waktu kecil. Sekarang yang jualan kue jadul sudah banyak, kadang bisa juga lebih dari 50 porsi kalau pas ramai,” terangnya.

Sementara menurut Hamdani, salah seorang pembeli mengaku memang sengaja membeli kue terang bulan jadul ini untuk nostalgia.

“Memang kalau pas ada yang jualan kue jadul pas saya lewat ya pasti beli. Ini jajan bisa buat nostalgia saat kecil dulu, dulu sering dibeliin orang tua seusai sekolah,” jelasnya.

Ia mengaku untuk rasanya sama sekali tidak berubah dan masih seperti dulu.”Rasanya tetep seperti dulu waktu saya kecil, kurang lebih seperti ini memang rasanya. Dulu ini jajan favorit saya sama teman-teman waktu SD,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...