Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BNN Sebut Jepara Episentrum Peredaraan Narkoba di Jawa Tengah

MURIANEWS, Jepara – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah, menyebut wilayah Jepara saat ini telah menjadi salah episentrum peredaran narkotika di Jawa Tengah. Dari banyak kasus penanganan, terungkap sebagian melibatkan masyarakat asal Jepara.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjend Pol Benny Gunawan, Kamis (30/7/2020) di Mapolres Jepara.

Brigjend Pol Benny Gunawan hadir secara langsung dalam press conference pengungkapan kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja di Mapolres Jepara.

Baca: Jual Brownies Ganja, Pemuda Asal Jepara Diringkus Polisi

Kasus terakhir ini menurut Benny merupakan modus baru dalam peredaran narkoba jenis ganja. Dimana ganja yang biasanya dijadikan rokok, dalam kasus ini dikonsumsi melalui bentuk makanan.

Saat ini, lanjutnya, Jepara sudah menjadi episentrum peredaran narkoba di Jawa Tengah. Banyak narkoba masuk ke Jepara yang kemudian disebar ke beberapa kota. Di antaranya ke Jakarta, Surabaya, Solo, dan kota-kota sepanjang Pantura Jawa Tengah.

Hal ini terindikasi dari beberapa kasus yang sudah berhasil dibongkar. Dari Jepara sendiri sepanjang 2020 ini sudah ada 10 tersangka kasus narkoba.

Baca: 658 Tersangka Narkoba Diamankan Hingga Mei, Semarang-Jepara Paling Rawan

“Jadi memang seperti itulah kenyataannya. Kami sudah sampaikan hal ini kepada Bupati Jepara. Masalah narkoba membutuhkan sinergitas dari banyak pihak untuk bisa mengatasinya. Kasus terbaru ini merupakan modus baru yang perlu mendapatkan perhatian,” ujar Brigjend Pol Benny Gunawan, Kamis (30/7/2020).

Modus terbaru yang muncul di Jepara, dengan menggunakan ganja sebagai bagian dari brownies yang dijual, menurutnya lebih berbahaya. Ganja yang biasanya dibakar sebagai rokok, kini malah langsung dinikmati sebagai makanan.

Tingkat bahayannya bahkan bisa dua kali lipat dibandingkan ganja yang dikonsumsi dengan cara konvensional.

Baca: Peredaran Narkoba Mengkhawatirkan, Jepara Belum Punya BNNK

Atas perkembangan yang terjadi saat ini, pihaknya berharap Pemkab Jepara bisa ikut memberikan perhatian lebih terhadap hal ini. Kepada Bupati Jepara, pihaknya juga sudah menyampaikan agar bisa kembali menindaklanjuti rintisan pembentukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Jepara.

“Kami sudah bicara dengan bapak Bupati mengenai pendirian BNNK Jepara. Kami kira sudah waktunya lembaga ini direalisasikan. Mudah-mudahan hal ini bisa segera bisa direalisasikan,” tambah Benny Gunawan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...