Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

RPH di Kudus Dicek Kesiapannya untuk Potong Hewan Kurban

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus melakukan pengecekan di rumah potong hewan (RPH) yang berada di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Hal tersebut dilakukan lantaran penyembelihan hewan kurban oleh warga disarankan dilakukan di RPH untuk mencegah kerumunan warga.

Sekretaris Dispertan Kudus Didik Tri Prasetiyo mengatakan, selain dilakukan pengecekan sarana prasarana di RPH untuk pemotongan hewan kurban, juga dilakukan seterilisasi. Yakni dengan penyemprotan disinfektan, untuk memastikan RPH telah steril sebelum digunakan.

“Kami lakukan pengecekan alat-alat seperti katrol, streaning box (untuk merebahkan hewan) hidrolis dan manual, ketersediaan pasokan air, kebersihan tempat untuk memastikan RPH  siap digunakan untuk penyembelihan besok. Nanti setelah digunakan juga kami semprot disinfektan lagi,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Selain itu, pihaknya juga menempelkan banner ketentuan prosedur pemotongan hewan di masa pandemi Covid-19 baik untuk petugas, ataupun panitia kurban dari luar. Seperti kewajiban memakai masker atau face shield, cuci tangan, pengecekan suhu serta jaga jarak.

“Baik petugas RPH dan panitia kurban harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk panitia kurban, hanya dua orang yang diperbolehkan masuk untuk mengurangi kerumunan massa dalam jumlah banyak,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Peternakan pada Dispertan Kudus Agus Setiawan menyatakan, hingga saat ini ada 16 ekor kerbau yang akan dilakukan penyembelihan di RPH.

“Dari panitia kurban juga Kami perbolehkan membawa petugas penyembelihan sendiri. Tujuannya agar bisa mempersingkat waktu penyembelihan hewan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...