Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hendak Salat Idul Adha, Begini Protokol Kesehatan dari GTPP Covid-19 Pati

MURIANEWS, Pati – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) sekaligus Bupati Pati Haryanto memperbolehkan warganya yang beragama Islam untuk menggelar salat Idul Adha, Jumat (31/7/2020).

Hanya saja, para jemaah wajib menjalankan protokol kesehatan yang diterapkan untuk mencegah dan memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19. Hal tersebut seperti yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 450/1696.

“Dengan kondisi pandemi ini, jemaah harus benar-benar sehat saat berada di masjid atau musala. Selain itu juga garus membawa sajadah sendiri,” katanya.

Kemudian, setiap jemaah juga harus menggunakan masker, dimulai sejak keluar dari rumah. Bahkan pada saat pelaksanaan salat, jemaah harus tetap menggunakan masker.

Selain itu, jemaah juga diminta menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan oleh takmir masjid.

“Hindari kontak fisik atau berpelukan dan harus menjaga jarak minimal satu meter. Kemudian bagi takmir sekiranya dapat mengimbau agar tidak mengikutsertakan anak-anak maupun lansia yang rentan penyakit,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pati Imron menyampaikan bahwa terkait pelaksanaan salat Idul Adha, tata caranya pun serupa dengan pelaksanaan salat Idul Fitri. Untuk hewan kurban pun ada ketentuan sedangkan untuk penyembelihan, petugasnya harus menerapkan protokol kesehatan.

“Benar- benar menjaga agar tidak terjadi penularan covid-19. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Begitu pula saat proses maupun pasca penyembelihan,” jelasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...