Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BUMDes di Jepara Diminta Beri Kontribusi di Tengah Pandemi

MURIANEWS, Jepara – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Jepara diminta mampu memberi kontribusi kepada masyarakat di tengah pandemi.

Hal itu sesuai dengan amanat UU No 6 Tahun 2014. Di mana desa mendapat peluang besar untuk meningkatkan perannya dalam pengembangan ekonomi masyarakat di desa.

”Jadi BUMDes memiliki andil sebagai salah satu instrumen lembaga ekonomi lokal legal di tingkat desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyaakat dan pendapatan desa,” Kepala Sekolah BUMDes Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Ali Sofwan dalam Web-Seminar (Webinar) yang digelar Pemkab Jepara bersama Unisnu Jepara, di Kantor Setda Jepara, Rabu (29/7/2020) kemarin.

Menurut Ali Sofwan, keberadaan Bumdes di Jepara sudah banyak mengalami kemajuan. Dari 184 BUMDes yang tercatat ada di Jepara, sebanyak 139 BUMDes ada pada level dasar. Kemudian 44 sedang tumbuh, dan hanya satu yang bisa dikatakan berkembang.

Hanya, ia mengakui banyak problem yang dihadapi BUMDes dalam usahanya berkembang dan memberi manfaat bagi masyarakat.

”Karena itu, kami berharap BUMDes bisa bersinergi dengan pemerintah daerah. Semua butuh proses. Paling penting adalah pengelola BUMDes dan masyarakat harus satu visi,” ungkapnya

Sementara itu, Assisten II Sekda Jepara Achid Setiawan yang menjadi pemateri dalam Webinar tersebut menyatakan Pemkab berharap kegiatan BUMDes berjalan meski saat ini masih terkendala covid-19.

Prinsipnya bagaimana masyarakat bergotong royong bersinergi membangun BUMDes dengan potensi desa yang dimiliki.

Pemkab Jepara juga berharap adanya sinergitas pemberdayaan masyarakat, apapun bentuknya, bisa diwujudkan dalam kaitan pemberdayaan BUMDes.

“Seperti kita ketahui, sampai saat ini belum banyak BUMDes di Jepara yang bisa berjalan seperti yang diharapkan. Untuk membangun BUMDes agar bisa maju dan bermanfaat bagi masyarakat, tentu saja membutuhkan perlu peran serta masyarakat. Juga perlunya penyampaian ide dan kerjasama dengan mitra,” jelas Achid Setiawan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...