Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Karaoke Masih Beroperasi, GP Ansor Pati Bentuk Satgas Pemantauan Penegakan Perda

MURIANEWS, Pati – Masih banyaknya tempat karaoke yang terus beroperasi, menjadi keprihatinan tersendiri bagi warga Pati. Apalagi sejauh ini penindakan karaoke yang jelas melanggar perda Nomor 8 Tahun 2013 itu, terkesan jalan ditempat.

Bahkan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) juga sudah mendesak pihak yang terkait untuk menutup karaoke tersebut. Salah satunya adalah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pati. Belum lama ini, organisasi itu sudah melakukan audiensi dengan DPRD setempat.

Dalam upaya ini, GP Ansor Pati pun membentuk satuan tugas (satgas) pemantauan penegakan perda karaoke.

Ketua GP Ansor Pati Itqonul Hakim mengatakan, pembentukan satgas tersebut sebagai keseriusan pihaknya mengawal penegakan regulasi yang mengatur keberadaan tempat hiburan karaoke.

“Kami melihat fakta karaoke di Pati sangat miris. Tempat hiburan karaoke semakin banyak dan tidak mengindahkan Perda Pati Nomor 8 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan. Ini seperti tidak ada aturan,” ujarnya.

Semakin merebaknya tempat karaoke, yang tidak hanya di kawasan Pati Kota, menurutnya tak lepas dari lemahnya penegakan perda. Padahal berdasar pengakuan DPRD, anggaran untuk mendukung penegakan perda telah tersedia.

“Banyak fakta yang disampaikan wakil rakyat tentang dukungan dan dorongan agar pemkab konsisten menegakkan Perda Pati Nomor 8 tahun 2013 yang selama ini dilakukan. Termasuk dukungan dari kepolisian dan TNI sesuai kewenangannya,” ungkap dia.

Namun, lanjut Itqon, justru semakin lama penegakan perda, khususnya penertiban karaoke kian meredup. Kondisi itu membuat masyarakat semakin resah, apalagi di masa pandemi Covid-19. Mengingat, aktivitas di tempat hiburan karaoke cenderung tak dapat menerapkan protokol kesehatan.

“Seharusnya, itu bisa ditertibkan karena perangkat regulasi dan aparatnya tersedia. Makanya kami mendorong agar penegakan perda dilakukan secara serius,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...