Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Terapkan Protokol Kesehatan, Kepala Pasar di Jepara Bakal Dicopot

MURIANEWS, Jepara Bupati Jepara Dian Kristiandi mengancam akan mencopot kepala pasar yang tidak menerapkan protokoler kesehatan di pasarnya masing-masing. Ini lantaran, penerapan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan Covid-19.

Pernyataan tersebut diungkapkan Dian Kristiandi saat melakukan monitoring di Pasar Mlonggo, Jepara, Selasa (28/7/2020) siang.

Sejumlah pejabat mulai dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mudrikatun, Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara Ratib Zaini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Kusmiyanto, dan Camat Mlonggo M Taksin, mengikuti kegiatan monitoring tersebut.

“Kepala pasar dan bahkan termasuk Kepala Dinas Pasar yang tidak jelas dalam mempersiapkan protokoler kesehatan di pasarnya, akan saya pindahkan semua. Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjaga masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Benar ini, akan saya lakukan,” katanya, Selasa (28/7/2020).

Di Pasar Mlonggo, Dian Kristiandi secara langsung memerintahkan Rujito selaku Kepala Pasar Mlonggo untuk menempatkan petugas atau relawan setiap harinya untuk berjaga dan mengawasi para pengunjung pasar.

Petugas atau relawan ini diminta untuk menjaga dan memastikan bawah semua yang ada di pasar tertib dan mematuhi protokoler kesehatan.

Dian menilai keberadaan petugas untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional harus dilakukan. Sebab pasar merupakan salah satu tempat yang selama ini potensial menjadi sumber penularan Covid-19.

“Ini harus ada petugas di depan untuk mengingatkan pedagang dan pembeli agar cuci tangan, dan menggunakan masker. Kalau ada yang tidak mau menggunakan masker atau cuci tangan, jangan boleh masuk ke pasar,” perintahnya.

Dian juga menilai petugas yang berjaga untuk penerapan protokol kesehatan di Pasar Mlonggo masih kurang. Hal ini setelah dirinya memastikan jumlah petugas dan waktu jam jaga yang dilakukan mereka.

Di lokasi itu juga, pihaknya mengedukasi masyarakat agar selalu mematuhi protokoler kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun. Ia juga tidak segan memperingatkan pedagang yang tidak mematuhi protokoler kesehatan, nantinya tidak diperbolehkan berdagang di pasar.

“Kepada kepala pasar, saya tekankan, jika ada pedagang yang tidak memakai masker, silahkan ditutup saja sementara lapaknya,” tegasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...