Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pastikan Aman, Dispertanak Pati Siapkan Tim Pemeriksa Hewan Kurban

MURIANEWS, Pati – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati mulai menyiapkan tim untuk pemeriksaan hewan kurban. Hal itu untuk memastikan keamanan dan kesehatan hewan sebelum disembelih maupun dikonsumsi.

Kepala Dispertanak Pati Muhtar Effendi mengatakan, tim pemeriksa hewan kurban saat ini masih melakukan pemantauan di pasar hewan di wilayah Kabupaten Pati.

“Dalam pemantauan ini kami juga menyiapkan dokter hewan untuk meperiksaan kesehatan hewan sebelum disembelih. Khusus yang ini adalah bertugas di wilayah perkotaan,” katanya.

Selain di kota, untuk wilayah di kecamatan, nantinya akan langsung diakomodir oleh mantri. Sehingga, proses pemeriksaannya lebih cepat.

“Untuk memastikan kesehatan hewan sebelum dipotong, H-1 kita akan lakukan pemeriksaan rutin terhadap hewan kurban,” imbuhnya.

Sementara dalam pemeriksaan itu, lanjut Muhtar, tidak hanya dilakukan dari fisik luarnya saja. Seperti pemeriksaan kondisi tubuh, mata, kulitnya atau pada lidah hewan. Tetapi pemeriksaan juga sampai pada bagian organ dalam.

“Pada hari H-nya ketika disembelih, bagian organ atau jeroan hewan, terutama di bagian hati, kalau ada cacing pitanya tidak boleh diberikan kepada masyarakat,” tegasnya.

Ia pun berharap, karena ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, proses penyembelihan hewan kurban tidak perlu mengundang banyak orang. Dengan begitu, potensi penularan bisa dicegah.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...