Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soal Pengangkatan Direktur PDAM Kudus, Plt Bupati: Saya Hanya Ditugasi Interview Saja

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan pihaknya hanya sebatas melakukan interview saja saat Ayatullah Humaini berproses dalam rekturmen direktur PDAM Kudus.

Sementara pihak yang memutuskan dan melantiknya, kata dia, adalah Bupati Kudus nonaktif HM Tamzil, yang kini ditahan karena kasus suap jual beli jabatan.

“Saya saat itu hanya diberi tugas untuk menginterview saja, kalau untuk pansel ada di sekda,” kata Hartopo saat bertemu awak media usai menghadiri Rapat Paripurna di DPRD, Selasa (28/7/2020) siang.

Humaini sendiri saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan Kejati Jateng terkait kasus suap pengangkatan pegawai di PDAM Kudus.

Sementara soal pemeriksaannya di Kejati, Hartopo mengaku dia hanya diberi sekitar 23 pertanyaan. Kaitannya dengan pengangkatan Direktur PDAM Kudus. “Cuma itu saja, tidak ada yang lain,” ujarnya.

Untuk ke depan, pihaknya akan merencanakan zona integritas di perusda tersebut. Dengan harapan citra dan kualitas PDAM Kudus kembali baik seperti semula.

Sebelumnya, Aspidsus Kejati Jateng Ketut Sumedana menyebut, jika salah satu materi pemeriksaan terhadap Hartopo dan Sekda Kudus Sam’ani Intakoris terkait status Ayatullah Humaini yang bisa diangkat jadi direktur PDAM meski mantan narapidana.

“Karena menurut aturan harus bebas dari label narapidana, walau memang yang mengangkat bupati sebelumnya,” ucapnya, Senin (27/7/2020).

Baca: Kejati Pertanyakan Mantan Narapidana Bisa Jadi Direktur PDAM Kudus

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kudus Dwi Agung Hartono mengatakan, tengah memproses pemberhentian sementara Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini.

Itu dilakukan usai pihaknya menerima surat permohonan dari Dewan Pengawas yang juga disertai salinan status Ayatullah Khumaini yang kini menjadi tersangka.

Pengajuan pemberhentian sementara tersebut, nantinya akan diserahkan ke Bupati Kudus sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam perusahaan umum daerah. “Permohonan pemberhentian sementara sudah diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” ucap dia

Kemudian untuk proses pengangkatan Plt dirut, kata Agung, tetap akan dilakukan sesuai regulasi yang berlaku.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...