Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Unisnu Jepara Gelar KKN Via Daring 

MURIANEWS, Jepara – Meskipun masih dalam situasi pandemi covid, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) tetap menggelar program KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Namun kali ini para mahasiswa Unisnu Jepara melaksanakan KKN secara daring untuk membangun desa. KKN ini dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing.

Penerjunan KKN Unisnu secara daring dilaksanakan pada, Senin (27/7/2020), di Kampus Unisnu Jepara. Sebanyak 573 mahasiswa diterjunkan untuk periode 2. Mereka tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada yang dari Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Ketua Pelaksana Hudi mengatakan, Kegiatan tersebut tentu berdasarkan keputusan rektor dan hasil koordinasi antara panitia pelaksana KKN dengan Pemkab Jepara. Pihak kampus juga tidak ingin jadwal kelulusan mahasiswa tertunda.

“Meskipun kondisi pandemi Covid-19, kami tidak ingin kelulusan mahasiswa kami tertunda,” ujar Hudi, Senin (27/7/2020).

KKN daring dilaksanakan sebagai bagian dari mematuhi protokol kesehatan. Pada prinsipnya, mahasiswa maupun masyarakat tetap sehat dan terhindar dari Covid-19. Meskipun berbeda, KKN daring Unisnu tetap dilakukan secara berkelompok.

Untuk periode ini, KKN daring dilaksanakan mulai 27 -25 agustus 2020. Mahasiswa juga diharuskan menghasilkan suatu produk bagi masyarakat di desanya, seperti pembuatan video, sosialisasi, makanan, dan lainnya.

“Kami berharap mahasiswa bisa berkontribusi untuk mbangun desone dewe (membangun desa sendiri),” terang Hudi.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Akademisi Unisnu. Menurutnya, saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, saya berharap mahasiswa ikut mensosialisasikan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

“Saya yakin mahasiswa bisa memberi edukasi tentang bahanyanya Covid-19,” jelas Andi.

Di sisi lain, andi juga berpesan kepada mahasiswa agar bisa menciptakan kreativitas serta inovasi dari hasil KKN. Tidak hanya itu, Andi menegaskan agar kabupaten Jepara bisa dikenalkan kepada kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Apalagi banyak mahasiswa yang berminat menempuh pendidikan di kampus Unisnu Jepara,” tegas Andi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...