Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pembukaan Area Balai Jagong Kudus untuk PKL Tinggal Tunggu Intruksi Plt Bupati

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berencana membuka kembali Balai Jagong, untuk berjualan pedagang kaki lima (PKL). Namun rencana itu saat ini masih menunggu intsruksi lebih lanjut dari Plt Bupati Kudus HM Hartopo.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan, pemetaan lokasi Balai Jagong telah selesai dilakukan. Sejumlah 150 PKL nantinya akan menempati layout yang sudah tertata dengan jarak dua hingga tiga meter, untuk menjaga jarak dan meminimalisir kerumunan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah perwakilan PKL yang berjualan di area Balai Jagong, tinggal menunggu intrusksi dari Plt Bupati Kudus pembukaanya kapan,” katanya Senin (27/7/2020)

Ia menyatakan saat ini ada 284 PKL makanan, permainan anak dan PKL lain  yang beroperasi di Balai Jagong. Terkait layout yang hanya 150 PKL, pihaknya akan memberlakukan sistem sif secara bergantian kepada PKL tiap harinya.

“Kami bagi sif A dan sif B untuk bergantian nantinya. Karena area Balai Jagong merupakan area sport center jadi tidak bisa semua tempat kami petakan menjadi area berjualan, agar tidak beralih fungsi yang sediakalanya memang untuk tempat berolahraga,” terangnya.

Baca: Balai Jagong Kudus Akan Kembali Dibuka, PKL Bakal Diperbolehkan Jualan Lagi

Meski demikian, saat sudah mulai dibuka nanti pihaknya tidak memperbolehkan PKL yang menyediakan permainan mandi bola untuk beroperasi. Karena tidak dimungkinkan penerapan protokol kesehatan tempat permainan ini.

“Permainan lain, seperti mobil-mobilan berputar, memancing, dan melukis kami perbolehkan. Karena permainan tersebut masih bisa menekankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan pembersihan alat dengan handsanitizer atau desinfektan setelah digunakan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...