Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Pati Naik 40 Persen

MURIANEWS, Pati – Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga jual sapi di Kabupaten Pati mulai mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut berkisar antara 30 hingga 40 persen.

Hal itu diakui oleh Muhammad Muhson, salah satu penjual sapi di Pasar Wage. Dia mengatakan, sebelumnya harga sapi sempat mengalami penurunan. Namun, menjelang Idul Adha harganya stabil dan naik dari harga sebelumnya.

“Kenaikan 30 sampai 40 persen ini karena permintaan banyak, tapi hewannya sulit dicari,” katanya.

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, diakui tahun ini harganya lebih tinggi. Untuk satu ekor sapi ukuran besar atau siap potong, harga jualnya mencapai Rp 19 juta.

Sementara sapi yang paling banyak dicari adalah jenis Pegon. Selain itu, pegon yang sudah gemuk dan bertanduk. Menurutnya, itu menandakan kalau sapi sudah berumur dan layak potong.

Untuk pembeli sendiri, selain dari Pati ada juga warga luar daerah. Namun sebagian besar memang dikirim ke Jawa Barat. Sedangkan untuk Kerbau, rata-rata dibeli oleh warga Kudus.

“Sapi jenis lemosin juga bayak dicari. Pokoknya kalau mendekati Idul Adha, semua jenis sapi laku terjual,” imbuhnya.

Sementara Muhson sendiri, dalam sehari bisa menjual enam hingga tujuh ekor sapi. Hanya, terkadang dirinya kesulitan untuk mencari sapi dari peternak rumahan.

Sementara Kepala Pasar Wage Ari mengatakan, untuk harga jual ternak kurban, yakni Sapi, Kambing dan Kerbau, diakui saat ini relatif stabil. Hanya, untuk permintaan memang meningkat.

“Harga masih stabil. Untuk pembeli sapi, sebagian besar dari Jawa Barat. Kalau Kerbau kebanyakan Kudus. Untuk kambing sendiri banyak diambil oleh warga Pati,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...