Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

41 Nakes RS Rehatta Jepara Positif Covid-19, 11 di Antaranya Dinyatakan Sembuh

MURIANEWS, Jepara – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jepara jumlahnya mencapai 1.018 orang sampai Senin (27/7/2020) ini. Dari jumlah tersebut diketahui ada 20 persen lebih merupakan tenaga kesehatan (Nakes).

Sampa saat ini nakes di Jepara yang terpapar covid 19 diperkirakan mencapai 200-an orang. Kabar terakhir, sejumlah tenaga kesehatan d RS Rehatta Kelet, Jepara dilaporkan terpapar Covid-19.

Direktur RS Rehatta Kelet dr Widya Kunto membenarkan hal ini. Menurutnya memang ada sejumlah tenaga kesehatan di RS Rehatta yang terkonfirmasi positif Covid.

Baca: Kasus Positif Covid-19 Jepara Tembus 1.018 Orang, 20 Persennya Tenaga Kesehatan

Secara keseluruhan di RS Rehatta sampai saat ini sudah ada 41 orang tenaga kesehatan yang terkonfrmasi positif. Jumlah tersebut didasarkan pada hasil swab yang diterima Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jepara, pada tanggal 4 Juli, 23 Juli dan 25 Juli.

“Iya memang ada tenaga kesehatan kami yang terkonfirmasi positif Covid. Namun semua sudah ditangani dengan baik. Sebagian sudah dinyatakan sembuh dan sudah bertugas. Sedangkan lainnya masih menjalani isolasi hingga saat ini,” ujar dr Widya Kunto, Senin (27/7/2020).

Ia menyebutkan, pada kelompok pertama ada 11 orang tenaga kesehatan yang dinyatakan terkonfirmasi positif. Hal ini sesuai dengan hasil lab yang diterima pada 4 Juli 2020.

Baca: Karaoke Ilegal di Jepara Kembali Dirazia, Delapan PK Diperiksa

Saat ini mereka sudah menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh, sehingga sudah bisa kembali bertugas.

Kemudian pada tanggal 23 Juli 2020 ada tujuh tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Terakhir, pada 25 Jul 2020, Sabtu pekan lalu, ada 23 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari tujuh dan 23 tenaga kesehatan tersebut saat ini masih menjalani karantina isolasi. Meski demikian pelayanan kesehatan di RS Rehatta tidak terpengaruh.

Baca: Selain Sengketa, Jual Beli Lahan PLTU Tanjung Jati B 5-6 Jepara Ternyata Belum Beres

“Sampai hari ini RS Rehatta masih tetap buka dan melayani masyarakat. Meski ada dampak, terkait adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi Covid, namun kami tetap masih bisa memberikan pelayanan,” tambah dr Widya Kunto.

Dijelaskan juga, awal mula terpaparnya para tenaga kesehatan di RS Rehatta, diduga karena ada nakes yang menjadi kontak erat dari anggota keluarganya yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian juga diduga karena adanya salah satu pasien yang tidak jujur. Beberapa waktu lalu ada salah satu pasien yang tidak mengaku jika baru saja bepergian ke Surabaya. Setelah dirawat di Bangsal Umum, ternyata saat di-swab hasilnya positif Covid-19.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...