Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Positif Covid-19 Jepara Tembus 1.018 Orang, 20 Persennya Tenaga Kesehatan

MURIANEWS, Jepara – Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jepara masih bertambah. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jepara menyebutkan, pada Minggu (26/7/2020) malam, ada tambahan 17 kasus baru.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jepara dr M Fakhrudin menyebutkan secara kumulatif jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Jepara sudah mencapai 1.018 orang.

Jumlah ini melibatkan 971  orang warga Jepara dan sisanya 47 orang merupakan warga dari luar Jepara. Dari jumlah tersebut sebanyak 51 orang meninggal, dan 310 orang sampai saat ini masih dalam penanganan.

Baca: Masih Sengketa, Tanah Warga Tubanan Jepara Ini Rata dan Jadi Bangunan Induk PLTU

Penambahan kasus baru terbanyak pada Minggu (26/7/2020) terjadi di wilayah Kecamatan Pecangaan. Dari wilayah ini muncul tujuh kasus baru.

Kemudian berikutnya disusul wilayah Kecamatan Bangsri dengan empat kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. Kecamatan Pakis Aji mendapatkan tambahan dua kasus baru.

“Sementara empat kecamatan masing-masing mendapatkan tambahan satu kasus baru. Kecamatan tersebut adalah Batealit, Jepara Kota, Kembang dan Mlonggo. Saat ini ada 244 pasien yang tengang menjalani isolasi mandiri. Kemudian 38 orang dirawat di RS Jepara dan 28 lainya dirawat di RS luar Jepara,” ujar dr M Fakhrudin, Senin (27/7/2020).

Baca: Data Berubah, Ratusan Nama Penerima Bantuan di Jepara Hilang

Sementara itu, dari data-data yang ada, sampai saat ini sudah ada sekitar 200-an atau lebih tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.  Sebagian dari mereka sudah dinyatakan sembuh dan sudah kembali bertugas.

Namun dari angka tersebut, jika dibandingkan dengan  jumlah total kasus terkonfirmasi positif di Jepara, cakupannya mencapai 20 persen lebih.

Terakhir ada sejumlah tenaga kesehatan di RS Rehatta Kelet, Jepara yang diinformasikan terpapar Covid-19.

Baca: PDAM Jepara Klaim Gelontorkan Rp 1,5 Miliar untuk Subsidi Selama Pandemi

Dari hasil lab yang diumumkan Satgas Covid-19 pada Sabtu (25/7/2020) ada seorang dokter yang terpapar Covid-19 dan tiga orang tenaga kesehatan lainnya. Direktur RS Rehatta, dr Widya Kunto tidak menampik hal ini.

“Iya memang ada beberapa tenaga kesehatan kami yang terpapar Covid-19. Sebagian sudah ada yang dinyatakan sembuh, namun sebagian lagi masih menjalani isolasi. Namun yang pasti pelayanan RS Rehatta masih terus berjalan dengan normal,” ujarnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...