Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Fraksi PPP Minta Pemkab Pati Perbolehkan TPQ Melakukan Pembelajaran Tatap Muka

MURIANEWS, Pati- Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Pati Muslihan meminta kepada pemerintah kabupaten setempat agar membuka kembali pembelajaran Taman Pendidikan Quran (TPQ) secara tatap muka.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena ada banyak penolakan dari masyarakat apabila pembelajaran di TPQ dilakukan secara daring.

“TPQ itu kan menjadi lembaga (pendidikan) yang khas di tingkat desa. Yang ngaji juga dari lingkungannya sendiri. Tidak mungkin kalau itu dikaitkan dengan penyebaran Covid-19. Harusnya dibuka dengan prosedur peotokoler kesehatan,” katanya, Jumat (24/7/2020).

Dia juga meminta agar surat edaran terkait penundaan pembelajaran TPQ secara tatap muka itu dikaji ulang. Menurutnya surat edaran itu sudah baik, tetapi harus dicermati kembali.

“Kalau proses belajar mengajar tatap muka ini ditutup, dampaknya nanti kepada TPQ. Selain itu, anak nantinya malah liar. Karena, waktu yang seharusnya untuk belajar, nanti mereka malah bermain,” imbuhnya.

Bahkan, lanjutnya, mall sekarang sudah buka, hotel juga sudah buka. Menurutnya, itu justru lebih membahayakan. Sementara apabila TPQ dibuka dengan protokoler kesehatan, tentunya anak-anak bisa diatur untuk lebih tertib.

“Ayo lah kita dukung pemerintah agar membuka kembali pembelajaran TPQ secara tatap muka dengan protokol kesehatan,” ajaknya.

Menurutnya, pendidikan TPQ ini hanya dilakukan di lokal desa. Peserta maupun guru ngajinya juga dari desa tersebut. Sehingga, ini sangat mungkin bisa diminimalisir adanya penyebaran virus corona.

“Eman-eman kalau ditunda. Harapan kami, pemkab bisa mengkaji ulang kebijakan penundaan pembelajaran tatap muka tersebut. Bahkan kalau perlu ada kebijakan baru yang membolehkan pembelajaran tatap muka bagi TPQ dengan catatan ada protokol kesehatan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...