Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggaran Porprov 2022 di Kudus Diestimasi Capai Rp 30 Miliar, Rp 13 Miliar untuk Bonus Atlet

MURIANEWS, Kudus – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus mengestimasi biaya untuk penyelenggaran Porprov 2022 mendatang mencapai Rp 25 miliar hingga Rp 30 miliar.

Jumlah tersebut, tak hanya untuk biaya operasional selama penyelenggaraan saja, seperti sewa hotel dan hal teknis lain.Namun, juga termasuk dengan estimasi bonus para atlet.

Ketua KONI Kudus Antoni Alfin, Jumat (24/7/2020) menyebut, bonus atlet sendiri, diperkirakan mencapai Rp 13 miliar. Jumlah tersebut diperuntukkan untuk para atlet yang meraih medali emas, perak, maupun perunggu.

Dengan rincian Rp 50 juta untuk atlet peraih medali emas, Rp 30 juta untuk atlet peraih medali perak, dan Rp 20 juta untuk atlet peraih medali perunggu.

“Jumlah tersebut kami hitung berdasarkan perolehan hasil medali pada Porprov sebelumnya, karena target kami masih sama, yakni tiga besar,” katanya.

Para atlet juga telah diinstruksikan untuk menggelar latihan secara mandiri selama pandemi. Dengan tujuan, agar tubuh para atlet tidak kaku saat akan menjalani pemusatan latihan menjelang Porprov 2020.

Walau demikian, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pihaknya. Di antaranya penyiapan tiga venue yang dirasa belum memenuhi standra.

Tiga venue tersebut, lanjut Alfin yakni venue atletik di Stadion Wergu Wetan, venue baseball yang ada di area Sport Center Balai Jagong. Serta venue voli pantai di Kecamatan Jekulo.

“Untuk atletik, akan diagendakan pada tahun 2021 mendatang. Pelaksanaannya akan dilakukan setelah pembangunan tribun stadion pada 2020 ini,” ujarnya.

Sementara untuk venue baseball, pihaknya mengaku masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk menyempurnakannya. Lokasinya sendiri, rinci Anton berada di kawasan Sport Center Balai Jagong Kudus.

Sementara pekerjaan rumah pada venue voli pantai adalah penambahan tribun bagi penonton. “Disdikpora kemarin kami omongi ini jawabnya siap, semoga memang segera bisa,” tambah Anton.

Soal adanya corona, Anton mengatakan kesiapan enam kabupaten di wilayah Pati Raya dalam menyiapkan gelaran Porprov 2022 disebut tak terpengaruh Covid-19. Baik dari segi teknis maupun nonteknis.

Masing-masing kabupaten, kata dia, juga telah menyelesaikan pekerjaan rumahnya masing-masing dalam hal kesiapan venue. Sehingga semua perwakilan Pati Raya tetap optimis akan jadi tuan rumah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...