Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Jateng Pantau Coklit Data Pemilih di Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah Sri Sumanta, Kamis (23/7/2020) memantau pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih atau coklit yang sudah mulai dilaksanakan sejak beberapa hari lalu.

Pemantauan dilakukan untuk memastikan pelaksanaan coklit dilakukan sesuai ketentuan dan memastikan keakuratan data pemilih.

Sri Sumanta melakukan pemantauan coklit di sejumlah rumah pemilih yang ada di Lingkungan Jajar, Kelurahan Purwodadi. Komisioner Bawaslu Grobogan Desi Ari Hartanta dan Komisioner KPU Grobogan Muhammad Machruz tampak mendampingi.

“Saya ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan supervisi pada kawan-kawan Bawaslu Kabupaten Grobogan yang sedang melakukan pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada,” kata Sri Sumanta.

Selain untuk memastikan keakuratan data pemilih, pihaknya juga meminta Bawaslu kabupaten untuk mengingatkan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) agar segera melaksanakan coklit, meski waktu pelaksanaannya masih sampai 13 Agustus 2020 mendatang.

Hal itu bertujuan jika ada permasalahan yang ditemukan saat pelaksanaan coklit maka masih ada waktu untuk mencarikan solusinya.

Sementara itu, Komisioner KPU Muhammad Machruz mengatakan, data sementara hingga 18 Juli 2020, progres pelaksanaan coklit di 19 kecamatan sudah mencapai 18 persen. Menurutnya, setiap 10 hari, pihaknya akan menerima laporan dari PPDP, PPS, dan PPK.

“Rencananya, pada tanggal 24 Juli besok, kita akan ada laporan pertama pelaksanaan coklit. Nantinya kendala yang ada dalam pelaksanaan coklit maka kita bahas bersama,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...