Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pengendara Tak Pakai Masker Jadi Sasaran Utama Operasi Candi di Pati

MURIANEWS, Pati – Jajaran Polres Pati menggelar Apel dalam rangka operasi patuh candi 2020 di halaman mapolres setempat, Kamis (23/7/2020).

Namun, ada yang berbeda dengan operasi candi kali ini. Jika pada umumnya operasi candi menyasar pengendara yang melanggar lalu lintas atau yang tidak membawa surat kendaraan, kali ini pengendara tak pakai masker jadi sasaran utama.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, tema operasi patuh candi 2020 ini adalah cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca Idul Fitri 1441 H. Selain itu juga masih mewabahnya Covid-19. Tentunya pada masa ini ada adaptasi kebiasaan baru di Pati.

“Tahun ini tak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19,” terangnya.

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Operasi Patuh Candi bakal digelar ditengah pandemi Covid-19. Pelaksanannya digelar selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

“Dalam hal ini kami mengutamakan pencegahan dan edukasi lebih dahulu, selebihnya berupa teguran, sosialisasi dan ajakan untuk menaati aturan lalu lintas, menggunakan masker bagi yang masih membandel, phisical distancing, juga memakai sarung tangan saat berkendara sepeda motor,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam operasi ini lebih mengedepankan tindakan prefentif. Meski demikian, penegakan juga tetap dilaksanakan. Namun penindakan dalam hal ini adalah seperti pelanggaran yang berpotensi terjadinya laka lantas.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh anggota agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam menjalankan tugas tersebut.

“Hindari tindakan pungli dan lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” tandasnya

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...