Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kejati Telah Periksa 40 Saksi dalam Kasus Suap PDAM Kudus

MURIANEWS, Kudus – Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah hingga kini telah memeriksa sebanyak 40 saksi, dalam kasus suap pengangkatan pegawai di Perusda PDAM Kudus. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

“Sudah ada 40, ada yang pegawai, pihak koperasi, sampai calon pegawai juga ada,“ kataAsisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng Ketut Sumedana, Kamis (23/7/2020).

Ketut juga memastikan pihaknyasegera memanggil Pelaksana Tugas Bupati (Plt) Kudus HM Hartopo. Ia akan dipanggil dengan kapasitasnya sebagai saksi. “Kami jadwalkan pekan depan,” kata dia.

Pihak Kejati sendiri, juga akan memeriksa satu tersangka dari pihak swasta yang terlibat dalam kasus ini. “Namun akan kami lihat perkembangan situasinya,” jelas dia.

Diketahui Kejati Jawa Tengah telah menahan Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini, Kamis (16/7/2020). Kini Kejati juga tengah mendalami keterlibatan sejumlah nama penting dalam dugaan kasus suap pengangkatan pegawai itu.

Baca: Plt Bupati dan Sekda Kudus Akan Dimintai Keterangan Kejati Soal Kasus Suap PDAM

Termasuk di antaranya ada atau tidaknya keterlibatan Bupati Kudus nonaktif HM Tamzil dan Plt Bupati Kudus Hartopo. Pasalnya, Kejati Jateng menengarai kasus suap ini berlangsung sejak 2019.

Humaini sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 27 Juni 2020 lalu. Dia, akan ditahan hingga 20 hari ke depan.

Dalam kasus ini, Humaini diduga sebagai pihak yang memerintahkan. Humaini, juga disebut sebagai penerima uang suap tersebut.

Kasus ini mencuat dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Kejari Kudus terhadap pegawai PDAM Kudus berinisial T beberapa waktu lalu.

Dari pengembangan kasus itu, dua tersangka lain diumumkan setelah kasus ini diambil alih oleh Kejati Jateng. Yakni berinisial O dan A. Tersangka berinisial A ini yang diketahui sebagai Direktur PDAM Kudus.

Sementara tersangka T saat ini tengah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, lantaran tertular corona.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...