Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pertuni Desak Pemkab Jepara Segera Tindaklanjuti Perda Disabilitas

MURIANEWS, Jepara – Pengurus Cabang Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Jepara meminta Pemkab Jepara bisa segera menindaklanjuti Perda Disabilitas.

Perda No 7 Tahun 2019 yang sudah disahkan itu bisa segera dibuatkan Peraturan Bupati dan pembentukan  Komite Disabilitas (KDD) Jepara.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pertuni Jepara Marzuki menanggapi keberadaan Perda Disabilitas yang sudah disahkan di Jepara.

Menurutnya perda tersebut seharusnya bisa segera memberikan manfaat bagi semua ragam disabilitas. Baik disabilitas tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa maupun tuna grahita.

“Kami bersyukur bahwa Perda Disabilitas ini telah disahkan. Harapan kami Perda ini bisa segera ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati dan pembentukan Komite Disabilitas Daerah,” ujar Marzuki, Kamis (23/7/2020).

Untuk KDD yang diharapkan bisa secepatnya dibentuk, pihaknya berharap nantinya bisa diisi oleh orang-orang yang bener, kober, dan pinter. Benar menurut aturan hukum negara maupun hukum agama, sehingga bisa menjalankan roda organisasi secara benar.

Kemudian kober dimaksudkan bisa  menyempatkan diri dan bisa memahami kebutuhan penyandang disabilitas. Sedangkan pinter maksudnya orang yang pandai dan cerdas tapi tidak minteri atau merendahkan para penyandang disabilitas yang memang mempunyai keterbatasan dan kekurangan.

“Kami juga berharap pemerintah Kabupaten Jepara maupun DPRD Jepara bersama-sama memberikan akses yang baik bagi penyandang disabilitas. Aksesibilitas ini penting bagi para penyandang disabilitas, dan juga agar Jepara menjadi lebih baik dan ramah bagi kaum difabel,” tambah Marzuki.

Terpisah Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Jepara Asrori menilai, penerapan Perda Disabilitas dipastikan juga akan memberi dampak bagi pembinaan olah raga penyandang disabilitas.

Di Jepara, Atlet difabel sebenarnya sangat potensial. Bahkan sudah ada yang bisa mengharumkan nama Jepara di kancah nasional maupun internasional. Karena itu pihaknya berharap Perda Disabilitas bisa diimpelementasikan dengan sungguh-sungguh di Jepara.

“Pembinaan atlet difabel membutuhkan ketelatenan dan kemampuan khusus yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Diperlukan kebersamaan agar cita-cita mewujudkan Jepara Inklusi dapat tercapai,” ujar Asrori,  Kamis (23/7/2020).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...