Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jelang Idul Adha, DKPP Jepara Gelar Pemeriksaan di Pasar Hewan

MURIANEWS, Jepara – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Jepara melakukan kunjungan di sejumlah pasar hewan di Kota Ukir, Rabu (22/7/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan hewan-hewan tersebut sehat dan layak konsumsi saat Idul Adha atau hari raya kurban mendatang.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di  DKPP Jepara Mudhofir menyatakan, ada beberapa penyakit yang biasa terjadi pada hewan kurban. Namun untuk penyakit menular hewan di Jepara bisa dikatakan relative aman.

Sampai kegiatan pemeriksaan dilakukan Rabu (22/7/2020) pihaknya belum menemukan adanya penyakit menular hewan, pada hewan-hewan kurban yang ada di pasaran Jepara.

Meski begitu, ia mengakui para petugasnya menemukan sejumlah penyakit yang masih terjadi. Di antaranya adalah cacingan, parasit kulit atau scabies, dan sakit mata pada kambing. Hanya, secara umum, Jepara bisa dikatakan masih bebas dari penyakit hewan menular.

“Saat ini kami membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih dan nanti sesudah disembelih. Tim ini yang akan menyebar memeriksa hewan-hewan ke seluruh Kabupaten Jepara,” ujar Mudhofir, Rabu (22/7/2020).

Tim Pemeriksaan Hewan DKPP Jepara sendiri, sempat mendatangi sejumlah pasar hewan. Di antaranya di Pasar Hewan Mayong dan Pasar Hewan Bangsri. Selain menyasar pasar hewan, mereka juga melakukan pemeriksaan di lokasi-lokasi penjualan hewan kurban tiban.

Penjualan hewan kurban tiban adalah tempat-tempat yang digunakan para penjual ternak musiman. Biasanya pada saat menjelang Hari Raya Idul  Adha, mereka membuka lapak di beberapa tempat strategis.

Keberadaan mereka juga akan diperhatikan terkait hewan-hewan yang mereka perdagangkan. Jangan sampai hewan yang mereka jual ternyata tidak berkualitas bagus terutama masalah kesehatan hewannya.

“Kesehatan ternak untuk kurban harus benar-benar diperhatikan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan hal ini. Tadi dalam pemeriksaan yang kami lakukan di Mayong, sempat kami temukan ada penyakit cacing akut pada sapi ternak,” tambah Mudhofir.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...