Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dampak Pandemi Covid-19, Ratusan Pekerja di Pati Kena PHK

MURIANEWS, Pati – Selama pandemi Covid-19, gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kian melonjak. Bahkan, pelonjakan itu cenderung signifikan apabila dibandingkan sebelum pandemi.

Kabid Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) pada Dinas Tenaga Kerja Pati Sri Mulyanto mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun mulai dari Maret hingga 2 Juni, ada sebanyak 966 orang. Jumlah tersebut kemungkinan masih meningkat lantaran data terakhir belum dilakukan pembaharuan.

“Data itu kita ambil dari warga Pati yang mengajukan klaim di BPJS Ketenagakerjaan,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Baca: Dispensasi Nikah di Pati Meningkat, Kebanyakan Hamil di Luar Nikah

Sejauh ini, lanjutnya, memang kesadaran dari perusahaan untuk melaporkan jumlah tenaga kerja yang di PKH, masih sangat minim. Sehingga, data yang dihimpjn hanya dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita sudah berkali-kali minta data PKH dari perusahaan, tapi sampai saat ini belum ada yang melaporkan. Ya, kita cari data dari lembaga lain yang berkaitan erat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, untuk 966 tenaga kerja Pati yang terimbas PKH, sejauh ini juga belum ada laporan lebih lanjut. Dalam artian, apakah mereka sudah bekerja lagi ataukah masih menganggur, sejauh ini statusnya belum jelas.

Baca: Larangan Belajar Tatap Muka untuk TPQ di Pati Tuai Protes

“Tetapi, kalau yang di PKH itu usia produktif, setidaknya bisa melaporkan ke disnaker, nanti kita tindak lanjuti,” terangnya.

Data PHK yang masuk, nantinya akan diteruskan ke Dinas Sosial agar mendapatkan bantuan Covid-19. Kemudian selanjutnya diteruskan ke Provinsi dan pusat untuk program kartu prakerja.

“Mungkin ada juga pekerja yang kena PHK, langsung melamar kerja di perusahaan, tidak lewat sini (disnaker),” imbuhnya.

Dirinya berharap, pihak perusahaan dapat kooperatif untuk melaporkan pekerja yang di PHK. Sebab, ini juga penting untuk pendataan maupun proses pencarian kerja lagi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...