Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dispensasi Nikah di Pati Meningkat, Kebanyakan Hamil di Luar Nikah

MURIANEWS, Pati– Angka permohonan dispensasi usia untuk perkawinan di Kabupaten Pati relatif meningkat. Dalam sehari, setidaknya ada tiga hingga lima permohonan dispensasi.

Juru bicara Kepala Pengadilan Agama Pati Sutyo mengatakan, peningkatan tajam selain perceraian juga terjadi pada permohonan dispensasi nikah.

Dispensasi ini diberikan kepada pasangan muda mudi yang belum cukup usia minimal untuk menikah, tetapi terpaksa harus menikah.

Baca: Duh, Angka Perceraian di Pati Meningkat Drastis Selama Pandemi

“Sebenarnya dispensasi ini tidak boleh, kecuali memang ada perkara yang mendesak dan memaksa harus segera dinikahkan,” katanya.

Sutyo menmabahkan, penyebab banyaknya dipensasi nikah itu 70 hingga 80 persen adalah hamil di luar nikah. Sementara usia keduanya belum cukup untuk menuju jenjang pernikahan.

Dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perkawinan batas usia minimal untuk menikah adalah 19 tahun, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Sementara sebelumnya, batas usia minimal menikah adalah 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempun.

Baca: Bejat! Ketua RT di Pati Ini Tega Cabuli Bocah Berusia Lima Tahun

“Semenjak adanya undang-undang itu, permohonan dispensasi nikah cukup banyak. Rata-rata usia mereka masih 16, 17, hingga 18 tahun. Sehingga belum bisa untuk melangsungkan pernikahan,” jelasnya.

Diakui juga, dispensasi nikah paling banyak memang terjadi pada masa pandemi Covid-19. Sementara sebelumnya, dalam sepekan paling-paling hanya beberapa orang yang mengajukan.

Baca: Diimingi Dibelikan HP, Siswi SMP di Rembang Ini Dicabuli Kuli Bangunan

Ia menambahkan, kondisi dispensasi nikah itu memang beragam. Ada yang wanita hamil tiga bulan, bahkan ada juga yang sudah hamil enam bulan.

Sementara apabila mereka tidak dinikahkan, dihawatirkan status anaknya nanti justru malah tidak jelas. Sehingga dispensasi usia nikah ini menjadi salah satu solusi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...