Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Kaji Simulasi Pembukaan Wisata Wonosoco dan River Tubing Gondosari

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tengah mengkaji penambahan jumlah objek wisata yang akan dibuka untuk umum. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, ada dua objek wisata lagi yang akan dibuka untuk simulasi new normal. Yakni di objek wisata Wonosoco dan Wisata River Tubing Desa Gondosari, Kecamatan Gebog.

“Sebelumnya ada tiga yang sudah dibuka, kini kami tambah bertahap supaya pengelola mulai bersiap-siap untuk adaptasi kebiasaan baru,”  katanya, Rabu (22/7/2020) pagi.

Tiga tempat wisata yang telah melakukan simulasi pembukaan yakni Wisata Makam Sunan Muria, Taman Sardi, dan Museum Kretek.

Pembiasaan adaptasi kebiasaan baru, kata Bergas, adalah berupa memakai masker saat berada di lokasi objek wisata. Kemudian juga rajin mencuci tangan dan menjaga jarak antarpengunjung. “Sejumlah petugas jaga juga harus ada di setiap pintu masuk,” ujarnya.

Tujuannya, kata dia, adalah untuk mengecek suhu para pengunjung yang akan masuk ke objek wisata. Hal tersebut dilakukan guna memastikan para pengunjung yang masuk benar-benar dalam kondisi sehat. “Sehingga penularan corona di objek wisata bisa ditekan seminimal mungkin,” kata dia.

Semakin banyak objek wisata yang melakukan simulasi pembukaan, lanjut Bergas, maka semakin baik. Karena bisa menunjukkan kesiapan masing-masing objek wisata di Kudus dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

“Pemkab Kudus juga tengah mempersiapkan diri menuju adaptasi kebiasaan baru,” terangnya.

Sementara hasil simulasi di tiga objek wisata sebelumnya, pelaksanaannya berjalan dengan baik. Itu dikarenakan, pengelola objek wisata maupun pengunjung dan pedagang sudah mematuhi protokol kesehatan.

“Pengelola Wisata Makam Sunan Muria, Taman Sardi, dan Museum Kretek sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar,” jelas dia.

Hanya memang, untuk pembukaan secara permanen, pihaknya masih menunggu keputusan dari pimpinan daerah yang akan dirapatkan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Apabila disetujui, maka objek wisata yang sudah melakukan simulasi akan dibuka terlebih dahulu. Sedangkan objek wisata lainnya di Kudus juga akan mengikuti secara perlahan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...