Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana BOS Bisa Dialokasikan ke Siswa yang Kesulitan Kuota Internet Saat Belajar Daring

MURIANEWS, Kudus – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bisa dialokasikan untuk mendukung pembelajaran dari rumah atau daring yang saat ini dicanangkan di sekolah yang ada di Kabupaten Kudus.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widodo mengatakan, ketentuan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020.

“Permendikbud itu merupakan perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) BOS regular,” katanya, Selasa (21/7/2020).

Dalam pasal 9A ayat 1(a) permendikbud tersebut berbunyi, pembiayaan langganan daya dan jasa sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat (2) huruf g dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, serta layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Ia menyatakan, sekolah bisa menganggarkan dari Dana BOS jika ada siswa yang kesulitan dan kurang mampu terkait pengadaan kuota yang digunakan untuk proses belajar.

“Jadi siswa yang kesulitan bisa mengajukan pengadaan kuota dan sekolah bisa menggunakan Dana BOS demi mendukung dan demi kelancaran proses belajar dari rumah. Untuk jumlahnya sesuai dengan kemampuan masing-masing sekolah,” jelasnya.

Sebelumnya, SMP 1 Kudus menyiapkan anggaran untuk membantu siswa yang kesulitan dalam pengadaan kuota internet agar tidak terdapat kendala dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring.

“Kami menyiapkan anggaran untuk siswa yang kesulitan dan kehabisan kuota internet. Kami anggarkan melalui Dana BOS,” jelas Abu Sofyan, Urusan Kesiswaan SMP 1 Kudus.

Terkait jumlah anggaranya, Abu tidak menyebutkan secara detail. Namun pihaknya mengaku Dana BOS bisa digunakan untuk hal tersebut.

“Untuk besaran per siswa tergantung dari provider yang dipakai. Jika ada kesulitan silahkan dikomunikasikan dengan Bagian Kesiswaan,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...