Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Rencana Transformasi IAIN Kudus Jadi UIN Terkendala Lahan, Butuh 20 Hektare

MURIANEWS, Kudus – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus berencana mengembangkan diri menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Namun rencana transformasi itu kini masih terkendala permasalahan lahan.

Pasalnya, kebutuhan lahan untuk menjadi UIN adalah seluas 20 hektare. Sementara saat ini lahan yang dimiliki IAIN Kudus hanya 7,6 hektare saja.

Hal ini mencuat saat kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Kampus IAIN Kudus, Selasa (21/7/2020). Rektor IAIN Kudus Dr Mundakir mengatakan, luasan lahan menjadi salah satu syarat agar IAIN bisa bertransformasi jadi UIN.

Menurutnya, IAIN Kudus sebenarnya sudah cukup siap untuk transformasi menjadi UIN. Namun terkendala kebutuhan lahan yang seluas 20 hektare masih belum ada.

“Kendala lahan yang terbatas membuat kami belum bisa membangun gedung kuliah untuk menambah kuota penerimaan mahasiswa baru,” ujarnya.

Kunjungan Komisi VIII DPR RI untuk meninjau perluasan kampus IAIN. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Ia menyebut, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tertuang terkait penambahan gedung kuliah dalam rangka pembukaan fakultas dan program studi baru. Selain itu juga pembangunan gedung laboratorium dan sport center.

“Ada beberapa poin kami dalam RPJM. Salah satunya pengembangan lahan untuk dapat bertransformasi menjadi UIN, sarana kemahasiswaan, program studi, serta pembanguanan bisnis center menuju badan layanan umum (BLU),” katanya.

Menurutnya, potensi penerimaan mahasiswa di IAIN Kudus sangat besar dengan perbandingan rasio 1:7. Yakni dengan peminat 23 ribu orang pendaftar dan yang bisa diterima hanya 3,1 ribu orang per tahun.

Sementara itu, ketua rombongan Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mengungkapkan, bawasannya IAIN Kudus sejatinya memiliki potensi yang besar, khususnya di kawasan pantura timur.

Ia berharap agar IAIN Kudus bisa menyusul UIN Walisongo Semarang maupun kampus lain yang sudah berkembang. Oleh karenanya, pihaknya melakukan tinjauan ke IAIN terkait dengan bantuan apa yang dapat disumbangkan Komisi VIII DPR RI ke depannya.

“Intinya adalah bagaimana IAIN ini bisa menyusul seperti UIN Walisongo Semarang. Karena IAIN Kudus ini sangat potensial sekali, terutama untuk tujuh kabupaten di pantura ini bisa diperluas,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...