Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Parijoto Diajukan Jadi Buah Khas Kudus, Bersaing dengan Sleman

MURIANEWS, Kudus – Dua jenis buah-buahan tengah diupayakan pengakuannya di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Jawa Tengah untuk menjadi buah khas Kabupaten Kudus. Dua buah tersebut adalah, buah parijoto dan alpukat.

Pengajuan sertifikasi tersebut merupakan langkah lanjutan usai Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus mengadakan riset terkait orisinalitas dan ciri khas dua buah tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Catur Sulistiyanto mengatakan, memang butuh proses untuk sertifikasi tersebut. Terlebih, sejumlah daerah juga mengusulkan buah yang sama.

Salah satunya parijoto, di mana Kudus harus bersaing dengan Sleman untuk mengklaim sebagai buah khas.

“Misalnya parijoto, selain Kudus, Kabupaten Sleman juga mengajukannya sebagai buah lokal mereka,” ucap dia Selasa (21/7/2020) sore.

Walau demikian, pihaknya tetap yakin pengajuan dua buah khas Kudus tersebut bisa lolos uji. Mengingat dua buah tersebut juga memiliki khasnya tersendiri yang tak ditemukan di daerah lain.

Catur juga akan menambahkan ciri khas lokal dalam nama buah tersebut. Dia mencontohkan untuk parijoto, akan diberi nama Parijoto khas Sunan Muria.

“Karena memang lokasinya memang ada di sekitaran Desa Colo, atau tepatnya di seputaran Makam Sunan Muria,” kata dia.

Untuk indukan dari bibit parijoto sendiri, kata dia, sudah ditemukan. Ada yang berusia sekitar seratus tahun dan yang termuda sekitar 20 tahun.

Baik yang berusia seratus tahun maupun 20 tahun, Catur mengatakan timnya menemukan di sekitar lereng Muria. Hanya ketinggiannya saja yang membedakan.

“Yang paling tua berada di dasar, sementara yang umur 20 tahun ada di lereng, dia bercabang banyak,” ujarnya.

Dengan diajukannya dua buah-buahan khas tersebut, pihaknya berharap Kabupaten Kudus memiliki keanekaragaman buah yang banyak. Setelah sebelumnya duku Sumber juga sudah diajukan ke Balai Benih.

“Untuk duku Sumber sudah berproses, memang waktunya cukup lama, tapi yang jelas itu akan jadi buah khas Kudus,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...