Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PDAM Jepara Klaim Gelontorkan Rp 1,5 Miliar untuk Subsidi Selama Pandemi

MURIANEWS, Jepara – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirto Jungporo atau PDAM Jepara mengklaim telah mengucurkan dana sebesar Rp 1,5 miliar selama pandemi.

Dana tersebut digunakan untuk menopang program PDAM Jepara dalam ikut ambil bagian penanganan dampak Covid-19 berupa subsidi untuk masyarakat.

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Jepara Prabowo menyatakan, anggaran sebesar Rp 1,5 milyar tersebut merupakan program jaring pengaman yang dilakukan institusinya.

Dana tersebut digunakan untuk memberi subsidi tagihan pembayaran pelanggan. Subsidi diberikan untuk para pelanggan individu yang terdampak Covid-19.

“Subsidi hingga Rp1,5 miliar ini diperuntukkan bagi 49 ribu pelanggan yang tersebar di berbagai kecamatan di seluruh Jepara. Jumlah ini secara persentasenya telah mencakup 95 persen dari total pelanggan Perumda Air Minum,” ujar Prabowo, Selasa (21/7/2020)

Ia menjelaskan, program Subdisi pelanggan memang diarahkan untuk pelanggan individu. Sedangkan pelanggan instansi maupun lembaga tidak mendapat subsidi ini.

Hal ini didasarkan pada situasi yang terjadi, bahwa secara individu dampak Covid-19 begitu terasa. Sementara secara kelembagaan, dampak covid 19 belum sebesar apa yang terjadi pada masing-masing individu.

Subsidi ini diberikan selama tiga bulan, sejak Mei sampai dengan Juli. Bulan ini adalah yang terakhir dilaksanakan. Penghitungan subsidi didasarkan pada pemakaiana 10 meter kubik pertama dari yang dipakai masyarakat.

Dengan penghitungan ini, subsidi yang diberikan bisa menjadi relative lebih adil bagi semua pelanggan yang menerima.

“Kalau perhitungan dilakukan didasarkan prosentase pemakaian, maka yang menggunakan air lebih banyak akan mendapatkan subsidi lebih banyak. Tapi kalau dihitung untuk 10 meter kubik pertama, maka subsidi yang diterima akan sama,” tambah Prabowo.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...