Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Tak Bakal Terapkan Karantina Wilayah, Ini Alasannya

MURIANEWS, Kudus – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kudus HM Hartopo mengungkapkan, Kabupaten Kudus tidak bisa menerapkan karantina wilayah untuk penanganan Covid-19.  Itu dikarenakan Kudus merupakan kota transit bagi sejumlah daerah lainnya.

“Jepara, Pati itu transitnya di Kudus, kami tidak bisa membatasi atau karantina wilayah,” kata Hartopo, Selasa (21/7/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus itu mengatakan, jika Kudus juga merupakan kota perdagangan. Sehingga jika diterapkan karantina wilayah, akan sangat memengaruhi sektor tersebut.

Oleh karenanya, Hartopo mengajak semua elemen untuk mawas diri. Dia juga minta semua elemen selalu memiliki inovasi untuk menyesuaikan diri dengan kenormalan baru. “Ini untuk memproteksi diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Hartopo mengakui, sampai saat ini tingkat kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan semakin menurun. Persentasenya bahkan di angka 50 persen ke bawah. “Cenderung menganggap sudah normal,” jelas dia.

Hingga saat ini sendiri, kasus corona di Kudus tercatat mencapai 534 kasus. Dengan rincian 392 kasus dalam wilayah dan 142 kasus luar wilayah.

Untuk rincian kasus dalam wilayah, ada sebanyak 57 pasien dirawat, 93 pasien menjalani isolasi mandiri, 196 kasus pasien sembuh, dan 46 kasus pasien meninggal.

Kabupaten Kudus juga menangani sejumlah pasien dari luar daerah. Sampai saat ini sendiri, sudah ada 142 pasien luar wilayah yang ditangani.

Dari jumlah tersebut, masih ada sebanyak 20 pasien yang dirawat. Kemudian ada sebanyak 36 pasien luar wilayah yang menjalani isolasi mandiri.

Sementara untuk angka kesembuhan pasiennya mencapai 70 pasien. Serta angka kasus meninggal mencapai 16 pasien.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...