Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Corona, PPDP di Grobogan Diminta Lakukan Coklit di Depan Rumah Warga

MURIANEWS, Grobogan – Para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk pelaksanaan Pilkada Grobogan diminta melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) di depan rumah warga.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Grobogan MP Joko Widodo saat apel Gerakan Coklit Serentak di Kelurahan Purwodadi, Sabtu (18/7/2020).

Menurut Joko, beberapa hari sebelumnya, para PPDP se-kabupaten yang jumlahnya 2.971 orang sudah menjalani tes kesehatan dan rapid test.

Kemudian, dalam pelaksanaan coklit, para petugas juga dibekali dengan alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, dan faceshield.

Meski demikian, guna mencegah penyebaran Covid-19, para petugas coklit diminta melaksanakan tugasnya dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Selain membekali dengan APD, upaya lainnya adalah melaksanakan coklit dari depan rumah atau teras dan diupayakan tidak masuk ke dalam rumah warga.

Menurut Joko, hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020. Dalam peraturan ini diatur tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Covid-19.

“Seperti kita ketahui, tradisi selama ini, warga selalu meminta tamu untuk masuk ke rumahnya. Namun untuk kali ini, petugas coklit harus bisa memberi pemahaman pada warga. Tindakan ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19, baik kepada warga maupun kepada para petugas itu sendiri,” cetusnya.

Joko menambahkan, dalam melaksanakan tugas coklit ini, semua PPDP harus menerapkan empat prinsip utama.

Yakni, cocokan data teliti bekerja, pemilu sehat kita selamat, selamat bekerja, bekerja dengan selamat serta bekerja teliti dan cermat menuju DPT berkualitas.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...