Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UMK Gratiskan UKT Seratus Mahasiswa Paling Terdampak Pandemi

MURIANEWS, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) memberikan keringanan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswanya. Bahkan, seratus orang mahasiswa UMK yang sangat terdampak pandemi akan dibebaskan dari biaya UKT.

Rektor UMK Suparnyo mengatakan, pemerintah memberikan subsidi untuk 100 mahasiswa yang memenuhi syarat. Besarannya, yakni tiap mahasiswa diberi keringanan Rp 2,4 juta di semester ganjil ini, sedangkan sisanya akan ditanggung pihak yayasan.

“Misalnya mahasiswa UKT semester ganjil membayar Rp 6 Juta nanti mendapatkan subsidi dari pemerintah Rp 2,4 Juta. Sedangkan sisanya Rp 3,6 juta akan ditanggung dari pihak yayasan. Itu hanya untuk 100 mahasiswa yang memenuhi syarat,” katanya, Sabtu (18/7/2020).

Ia merincikan, seratus mahasiswa tersebut, terdiri dari mahasiswa semester tiga 20 kuota, semester lima 30 kuota, dan semester tujuh 50 kuota.

Untuk syaratnya antara lain, mahasiswa yang tidak bisa bayar sama sekali, orang tua terkena PHK, juga yang penghasilannya menurun signifikan karena pandemi.

“Ada juga gabungan gaji orang tua yang di bawah Rp 4 juta. Setelah mereka mengajukan dengan syarat yang terpenuhi, nanti akan kami cari kebenaranya dan verifikasi ke lapangan. Agar tidak salah sasaran,” ungkapnya.

Sementara untuk mahasiswa lain, lanjut Suparnyo, juga ada keringanan sebesar 300 ribu untuk semua mahasiswa semester ganjil tahun ini. Nantinya akan dipotongkan di pembayaran her-registrasi semester ini.

“Untuk yang semester tiga, lima dan tujuh akan mendapat keringanan Rp 500 ribu. Karena keringanan UKT semester kemarin akan dijadikan satu di semester ganjil ini. Jadi mahasiswa semester lalu dan ganjil ini mendapat keringanan Rp 500 ribu, untuk semester satu hanya Rp 300 ribu,” jelasnya.

Menurutnya dari pihak yayasan telah menyiapkan dana sekitar Rp 5 miliar untuk membantu UKT mahasiswa. Baik untuk menanggung tambahan biaya mahasiswa yang digratiskan, juga untuk mahasiswa yang diberi keringanan.

“Harapannya bisa membantu meringankan beban orang tua serta mahasiswa. Khusunya yang sangat terdampak,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...