Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Razia Rokok Ilegal Terus Jalan Selama Pandemi, Bea Cukai Kudus Sita Barang Bukti Senilai Rp11,6 Miliar

MURIANEWS, Kudus – Di tengah pandemi Covid-19, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus terus melakukan penindakan terhadap peredaran rokok ilegal.

Dari bulan April hingga Juli 2020 sendiri, Bea Cukai Kudus telah mengungkap sebanyak sepuluh kasus. Sementara dari bulan Januari hingga Juli, sudah ada sebanyak 49 kasus yang ditindak Bea Cukai.

Dengan total barang bukti yang diamankan sebanyak 11,12 juta batang untuk rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) dan 146.216 batang rokok jenis sigaret kretek tangan (SKT).

Nilai total barang bukti yang diamankan sebesar Rp 11,6 miliar. Sementara untuk potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 6,77 miliar dari nilai cukai yang seharusnya dibayar.

“Walau pandemi, kami terus melakukan pengawasan dan pemberantasan rokok ilegal, terutama di wilayah kerja kami,” kata Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo, Sabtu (18/7/2020).

Pihaknya pun memastikan dalam setiap penindakan, timnya tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Sejumlah penindakan di luar wilayah juga tetap mengutamakan protokol kesehatan. Seperti meminimalisir kontak dengan masyarakat saat penindakan berlangsung.

“Kebanyakan penindakan kami memang berada di luar wilayah, tapi tetap memprioritaskan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara dari sekian kasus, pengungkapan dengan barang bukti terbanyak terjadi pada Sabtu (11/07/2020) lalu. Di mana ada sebanyak 3,79 juta batang rokok yang disita saat diangkut dengan dua truk.

“Petugas harus melakukan pengejaran hingga di rest area tol 360 Semarang-Batang,” kata Gatot.

Sementara untuk kasus terbaru, Bea Cukai Kudus kembali menggagalkan pengiriman rokok ilegal sebanyak 532.000 batang Senin (13/7/2020). Penindakan tersebut, merupakan sinergitas antara Bea Cukai Kudus dan Tegal.

Pengejarannya, kata Gatot, dilakukan sejak Jalan Raya Lingkar Demak hingga masuk Jalan Tol Pemalang-Pejagan.

“Sampai rest area kilometer 294 Jalan Tol Pemalang-Pejagan Tim Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penindakan,” lanjutnya.

Dari penindakan tersebut, didapati truk yang membawa barang kena cukai berupa rokok ilegal siap edar sebanyak 532.000 batang.

“Sopir berinisial SL (37) dan kernet YA (23) akhirnya dibawa ke kantor Bea dan Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...