Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Temuan Kasus Tuberkulosis di Kudus Menurun

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menyebut, temuan kasus Tuberkulosis (TB) hingga triwulan kedua selama pandemi berlangsung, mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) DKK Kudus Nuryanto mengatakan, hingga triwulan kedua tercatat baru ada 452 kasus TB positif.

“Penurunan memang karena kunjungan pasien ke puskesmas saat pandemi ini juga menurun. Masyarakat enggan untuk memeriksakan diri masa seperti ini, kecuali saat memang kondisi sudah mendesak,” katanya Jumat (17/7/2020).

Selain itu, faktor lain karena ada pembatasan beraktivitas di luar rumah serta kunjungan di lapangan yang tertunda karena pandemi. Biasanya pihaknya turun ke desa untuk mencari suspect TB melalui sosialisasi tentang TB.

“Jika ditemukan yang bergejala akan kami arahkan untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas,” ucapnya.

Rinciannya, lanjut Nuryanto, di triwulan pertama terdapat 1.861 kasus pasien suspect TB dan 315 di antaranya terkonfirmasi positif TB. Sedangkan untuk triwulan kedua terdapat 842 pasien suspect TB dan 137 di antaranya terkonfirmasi positif TB.

“Jumlah positif tersebut berkurang banyak dari suspect TB setelah dilakukan pemeriksaan dahak,” jelasnya.

Sementara untuk TB MDR hingga triwulan kedua ada 24 temuan kasus baru. “Untuk tahun lalu ada 11 kasus yang masih menjalani perawatan. Hingga saat ini ada 35 kasus TB MDR yang menjalani perawatan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...