Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Direktur PDAM Kudus Ditahan Kejati Jawa Tengah

MURIANEWS, Kudus – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menahan Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini, Kamis (16/7/2020). Humaini ditahan atas kasus dugaan suap pengangkatan pegawai di perusda yang dipimpinnya.

Aspidsus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Ketut Sumedana mengatakan, Humaini akan ditahan hingga 20 hari ke depan. Humaini, lanjut dia, sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 27 Juni 2020 lalu.

“Yang bersangkutan akan ditahan untuk 20 hari ke depan,” ucapnya, Kamis.

Dalam kasus ini menurutnya, Humaini diduga sebagai pihak yang memerintahkan. Humaini, lanjutnya, juga berperan sebagai penerima uang suap tersebut.

“Tersangka yang memerintahkan untuk mencari pegawai yang ingin diangkat atau dipromosikan jabatannya,” ujarnya.

Sejumlah barang bukti pun turut diamankan. Di antaranya sejumlah dokumen dan uang yang diduga merupakan hasil suap sebesar Rp 65 juta.

Baca: Tersangka Kasus Suap PDAM Kudus yang Kena OTT Dipastikan Positif Corona

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 12e, 11, serta 5 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kasus ini mencuat dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Kejari Kudus terhadap pegawai PDAM Kudus berinisial T beberapa waktu lalu.

Dari pengembangan kasus itu, dua tersangka lain diumumkan setelah kasus ini diambil alih oleh Kejati Jateng. Yakni berinisial O dan A. Tersangka berinisial A ini yang diketahui sebagai Direktur PDAM Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...