Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

12 Tahanan di Polres Kudus Positif Corona, Tertular dari Tersangka Kasus Judi

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 12 tahanan di Polres Kudus terkonfirmasi positif corona. Mereka diketahui tertular dari kasus pertama, yakni tahanan kasus perjudian.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, dari 12 tahanan positif corona itu, sembilan di antaranya dipindah ke ruang tahanan Polsek Kota untuk menjalani isolasi mandiri.

Sementara tiga tahanan lainnya sudah diambil pihak kejaksaan. “Karena yang tiga memang dari kejaksaan, mereka yang berwenang,” katanya pada awak media via telepon, Kamis (16/7/2020) siang.

Tiga tahanan dari kejaksaan itu salah satunya adalah T kasus suap pengangkatan pegawai PDAM Kudus yang ditangkap Kejari Kudus dalam operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu.

T Kini tengah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Kudus, karena mempunyai penyakit penyerta yakni diabetes melitus.

Para tahanan yang disolasi di ruang tahanan Polsek Kota, lanjut kapolres, tidak memiliki gejala. Mereka juga tidak memiliki penyakit penyerta. “Maka kami isolasi mereka di ruang tahanan Polsek Kota,” ujarnya.

Ia menceritakan, awal mula kasus tahanan positif corona memang berasal dari tahanan milik kejaksaan yang positif corona.

Baca: Tersangka Kasus Suap PDAM Kudus yang Kena OTT Dipastikan Positif Corona

Setelah itu, pihaknya melakukan rapid test dan swab pada anggota kepolisian yang bertugas jaga dan para tahanan yang satu sel dengan tahanan positif corona.

”Hingga diketahuilah ada 12 tahanan yang positif. Sementara untuk anggota polisi semua negatif,” terangnya.

Untuk langkah lanjutan, pihak Polres Kudus sudah melakukan sterilisasi ruang tahanan dengan penyemprotan disinfektan.

Para petugas yang jaga, juga dibekali dengan alat pelindung diri (APD) lengkap. Guna menghindari penyebaran virus corona makin meluas.

“Terutama para anggota yang berjaga di ruang tahanan Polsek Kota,” paparnya.

Baca: Satu Tahanan Kasus Judi di Kudus Positif Corona

Selain itu, para tahanan yang positif juga mendapatkan monitoring kesehatan dari petugas kesehatan. Sehingga mereka yang kini menjalani isolasi, bisa terpantau perkembangannya dengan baik.

Sejauh ini, kapasitas tahanan milik Polres Kudus sendiri sudah hampir penuh. “Walau demikian kami tetap upayakan penerapan protokol kesehatannya,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...