Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Karaoke Ilegal di Jepara, Satpol PP Jepara: Kami Siap Laksanakan Perintah Bupati

MURIANEWS, Jepara – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara menyatakan kesiapannya untuk melakukan tindakan tegas terhadap usaha karaoke illegal yang masih nekat beroperasi.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kepala Satpol PP Jepara Abdul Syukur saat dikonfirmasi mengenai perintah tegas Bupati Jepara. Satpol PP Jepara dalam hal ini akan melaksanakan semua perintah Bupati Jepara.

Abdul Syukur menyatakan, pihaknya memang sudah diminta untuk melakukan tindakan tegas terhadap usaha karaoke illegal yang ada.

Baca: Nekat Beroperasi, Bupati Perintahkan Satpol PP Tutup Paksa Karaoke Ilegal di Jepara

Perintah itu disampaikan Bupati Jepara usai menemui Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Jepara. Selanjutnya pihaknya sudah melakukan koordinasi dan konsulidasi untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan.

Menurut Abdul Syukur, selama ini Satpol PP Jepara juga tidak diam saja menyikapi masalah ini. Secara berkala Satpol PP sudah melakukan operasi penertiban, bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19 terjadi di Jepara.

Namun diakuinya, ada kendala yang harus dihadapi. Terutama terkait sikap ngeyel para pelaku usaha karaoke illegal yang ada.

Baca: 10 PSK Mangkal di Warung Kopi Pecangaan Jepara Ditertibkan Polisi

“Razia penertiban bukan tidak pernah dilakukan. Sudah sering kali dilakukan. Sudah disita peralatannya juga sudah dilakukan. Namun kenyataannya setelah kami meninggalkan lokasi mereka kembali membuka usaha lagi. Inilah yang terjadi. Bukan tidak ada penindakan sebenarnya, tapi seperti itulah kenyataannya,” ujar Abdul Syukur, Kamis (16/7/2020).

Selama ini Satpol PP Jepara juga sudah melakukan berbagai tindakan tegas. Sampai Juni 2020 lalu sudah ada beberapa kasus tipiring yang disidangkan karena pelanggaran-pelanggaran yang ditangani Satpol PP.

Ada kasus pelanggaran Perda Larangan Minuman Beralkohol (1 Perkara), pelanggaran praktik penambangan Galian C illegal (3 Perkara) dan pelanggaran Perda Penyelenggaraan Usaha Pariwisata (Karaoke Ilegal).

Baca: Puluhan PSK Terjaring Razia di Pati, Tarifnya Ada yang Rp 50 Ribu 

Untuk pelanggaran Perda Penyelenggaraan Usaha Pariwisata (Karaoke Ilegal) sendiri sudah ada 9 Perkara yang ditangani. Mereka, para pemilik usaha karaoke illegal ini sudah ditindak dan dibawa ke meja hijau untuk kasus tipiring. Sejauh yang kami ketahui, hukuman yang dijatuhkan berupa denda yang harus dibayar.

“Dari data yang ada, untuk hukuman denda yang sudah dijatuhkan oleh pengadilan jumlah seluruhnya mencapai Rp78 juta. Semua disetorkan ke Kas Negara. Jadi sekali lagi, bukan tidak ada yang dilakukan oleh Satpol PP Jepara. Tapi tentu saja kami akan tetap melaksanakan perintah Bupati. Kami akan lakukan tindakan tegas,” tambah Abdul Syukur.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...