Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dua Kuasa Hukum Kasus Suap PDAM Kudus Hentikan Pendampingan

MURIANEWS, Kudus – Dua dari empat tim kuasa hukum yang tergabung dalam Advokat Slamet Riyadi & Patners menghentikan pendampingan pada kasus suap pengangkatan pegawai PDAM Kudus. Dua pengacara tersebut yakni Teguh Santosa dan Corina Hidayah.

Dihubungi via teleoon, Teguh Santosa mengatakan proses pendampingan hukum terhadap tersangka maupun saksi dalam kasus PDAM sudah bukan kewenangannya. Mengingat sejumlah saksi kini telah berstatus tersangka.

Di antaranya adalah status Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini yang semula berstatus saksi, kini menjadi tersangka.

“Kami hanya diminta untuk mendampingi saat berstatus saksi saja,” katanya, Kamis (16/7/2020).

Teguh menyebut, pihaknya juga sudah tidak memiliki wewenang untuk menjawab keberadaan Humaini. Mengingat sampai saat ini, keberadaannya belum diketahui.

“Kami juga tidak mengetahui keberadaan yang bersangkutan di mana, ini bukan kuasa kami lagi,” ujarnya.

Pihaknya pun menjelaskan, pada awalnya dia bergabung dengan Kantor Advokat Slamet Riyadi &Patner untuk melakukan pendampingan hukum terhadap 25 pegawai PDAM Kudus yang berstatus saksi.

Mereka lanjut dia, juga ditunjuk mendampingi Humaini dalam memberikan keterangan dalam kapasitasnya sebagai saksi di kasus tersebut.

“Dalam surat kuasa, kami ditunjuk untuk mendampingi Dirut PDAM Kudus Ayatullah Khumaini serta seluruh pegawai PDAM lainnya yang diperiksa sebagai saksi,” jelas dia.

Baca: Pemkab Tunggu Salinan Penetapan Tersangka Direktur PDAM Kudus

Sementara sampai saat ini, tambahnya, belum ada kontrak baru terkait pendampingan dengan status tersangka. Oleh karena itu, pihaknya memilih untuk tidak turun tangan lagi dalam kasus ini. “Saya sudah tidak ada sangkutannya dalam kasus ini,” jelas dia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus sendiri kini masih menunggu salinan dari penetapan tersangka Direktur PDAM Ayatullah Humaini dalam kasus suap pegawai di PDAM.

Seperti diketahui, Ayatullah ditengarai menjadi salah satu dari dua tersangka baru berinisial O dan A yang baru ditetapkan Kejati Jateng.

Penetapan ini merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) pegawai PDAM Kudus berinisial T beberapa waktu lalu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...