Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah Ada 300 Warga Kudus Tertular Virus Corona

MURIANEWS, Kudus – Kasus corona dalam wilayah di Kabupaten Kudus hingga Kamis, (16/7/2020) pagi sudah menyentuh angka 300 kasus. Itu berarti, sudah ada 300 orang warga Kudus yang tertular corona sejak akhir Maret lalu.

Dari jumlah tersebut, masih ada sebanyak 53 pasien dirawat dan 88 orang pasien menjalani isolasi mandiri. Sementara untuk angka kesembuhannya sudah mencapai 127 kasus pasien sembuh.

“Serta angka kematiannya menjadi 32 pasien meninggal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi, Kamis pagi.

Andini mengatakan, peningkatan kasus masih dimungkinkan terjadi. Mengingat pihak Gugus Tugas masih melakukan tracing terhadap sejumlah kontak erat pasien corona.

“Selain itu, adanya mesin RT PCR juga bisa mempercepat diagnosa pasien, sehingga lajunya cenderung cepat,” rinci dia.

Pola persebaran dan penularan virus di Kota Kretek sendiri, kata dia, sudah mengalami perubahan pola. Pada kasus awal, pola penularan virus adalah karena adanya perjalanan ke daerah terjangkit.

Namun kini, lanjutnya, pola persebaran sudah menjadi transmisi lokal. “Oleh karena itulah kami berharap masyarakat tertib menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Untuk status zona penularan virus corona, Kudus kini menjadi zona oranye atau risiko sedang. Setelah pekan lalu, Kudus masuk zona merah penyebaran corona.

“Evaluasi terkait status zona memang dilakukan gugus tugas nasional tiap pekannya,” kata dia.

Walau menurun, Andini tetap mewanti-wanti agar masyarakat tetap patuh protokol kesehatan. Mengingiat kurva penularan corona di Kota Kretek masih mengalami kenaikan.

“Harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku,” ujarnya.

Andini menambahkan, standar pengukuran perubahan warna zona, salah satunya adalah terkait kapasitas atau daya tampung rumah sakit. “Tidak hanya dari jumlah kasusnya saja,” jelas dia.

Untuk diketahui, Kabupaten Kudus juga menangani sejumlah pasien dari luar Kota Kretek. Sampai saat ini sendiri, sudah ada 123 pasien luar wilayah yang ditangani.

Dari jumlah tersebut, masih ada sebanyak 16 pasien yang dirawat di Kudus. Kemudian ada sebanyak 51 pasien luar wilayah yang menjalani isolasi mandiri.

Sementara untuk angka kesembuhan pasiennya mencapai 43 pasien. Serta angka kasus meninggal mencapai 12 pasien.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...