Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sempat Ajukan Izin Gelar MPLS Tatap Muka, Tiga Sekolah di Pati Disidak Bupati

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto melakukan inspensi mendadak (sidak) tiga sekolah di Bumi Mina Tani, yakni SMPN 5 Pati, SMAN 1 Pati, dan MAN 1 Pati.

Hal itu lantaran tiga sekolah tersebut sempat mengajukan izin untuk melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Haryanto mengatakan, sidak tersebut untuk memastikan apakah proses MPLS itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan ataukah tidak.

“Setelah kita sidak, ternyata MPLS dilaksanakan secara virtual oleh pihak sekolah. Ini malah bagus,” katanya, Rabu (15/7/2020).

Dia menambahkan, tiga sekolah itu sebelumnya memang mengajukan izin untuk pelaksanaan MPLS. Oleh Haryanto, tiga sekolah itu diberikan izin. Hanya ada syarat khusus.

“Saya berikan izin satu kelas per hari. Maksudnya, jika terdapat 12 kelas, berarti 12 hari. Itu pun waktunya dibatasi hanya dua jam,” imbuhnya.

Haryanyo juga menyambut baik MPLS yang dilakukan secara virtual tersebut. Sebab, seandainya MPLS dilaksanakan secara tatap muka, pemantauan di sekolah masih mudah dilaksanakan. Namun ketika para siswa pulang, pemantauan menjadi lebih susah.

“Kan kita tidak tahu, apakah mereka (para siswa), langsung pulang atau mampir main ke mana dulu. Itu yang kita khawatirkan,” tegasnya.

Bupati menyebut, pelaksanaan MPLS secara virtual memang yang pihaknya kehendaki sejak awal. Sebab, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri), hanya sekolah di zona hijau yang diperkenankan buka. Pati tidak termasuk.

“Jadi kita menunggu kondisi aman. Baik sekolah negeri maupun swasta akan kami pantau secara masif agar rasa waswas terkait keselamatan jiwa ini tidak semakin mengkhawatirkan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...