Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekda Grobogan Positif Corona, Bupati dan Pejabat Langsung Swab Test

MURIANEWS, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) dan pejabat di lingkungan setda, menjalani swab test serentak, Rabu (15/7/2020). Para pejabat diambil sampel spesimen lendir hidung maupun tenggorokan di tenda yang didirikan di depan kantor wakil bupati.

Pemeriksaan serentak ini dilakukan menindak lanjuti kondisi Sekda Grobogan Moh Sumarsono yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (13/7/2020). Selain pejabat, uji swab juga dilakukan terhadap beberapa staf kantor sekda.

Selain uji swab, ada juga pelaksanaan rapid test yang diperuntukkan bagi puluhan ASN di lingkup Setda Grobogan.

Untuk pelaksanaan rapid test ini dilangsungkan di pendapa kabupaten. Bagi mereka yang hasil rapid testnya reaktif selanjutnya langsung diminta menjalani uji swab.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai tindak lanjut setelah Pak Sekda dinyatakan positif Covid-19. Untuk itu, kita harus gerak cepat karena Pak Sekda ini sebelumnya berinteraksi dengan kepala OPD, dan beberapa kali memimpin rapat, termasuk rapat dengan anggota DPRD Grobogan,” kata Sri Sumarni.

Ia juga meminta doa agar seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Grobogan tidak ada yang positif corona.

Setelah menjalani uji swab, para kepala OPD, kabag, dan mereka yang sempat berinteraksi langsung dengan sekda dalam beberapa hari terakhir juga diminta menjalani isolasi mandiri selama tiga hari. Meski menjalani isolasi, namun para pejabat tetap bekerja dari rumah.

“Mereka tetap bekerja seperti biasa. Hanya saja kerjanya pakai WhatsApp atau video call. Untuk pekerjaan atau urusan adminsitrasi yang tidak terlalu mendesak bisa dipending dulu sementara waktu,” ujarnya.

Baca: Sekda Grobogan Positif Corona, Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Purwodadi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo menambahkan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama atau hari ini diperuntukkan buat kepala OPD, kabag, kasubag, dan ASN di lingkup Setda Grobogan.

”Sedangkan untuk  ASN di lingkungan Setda Grobogan menjalani rapid test. Apabila hasilnya reaktif langsung kita uji swab hari ini juga,” terang Slamet.

Sedangkan hari kedua yang dijadwalkan Kamis (16/7/2020) besok akan dilaksanakan di lingkungan DPRD Grobogan. Hal ini dilakukan karena Sekda Grobogan sempat rapat dengan anggota dewan pada Senin (13/7/2020) siang.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...