Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Kembali Masuk Zona Oranye Covid-19

MURIANEWS, Kudus –  Status zona Kabupaten Kudus terkait penyebaran dan penularan virus corona kini menjadi zona oranye kembali, setelah pekan lalu, Kudus masuk zona merah penyebaran corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengkonfirmasi hal tersebut. Andini mengatakan, evaluasi terkait status zona memang dilakukan Gugus Tugas nasional tiap pekannya.

“Kabupaten Kudus statusnya sudah turun kembali menjadi oranye,” kata Andini via telepon, Rabu (15/7/2020) siang.

Walau menurun, Andini tetap mewanti-wanti agar masyarakat tetap patuh protokol kesehatan. Mengingiat kurva penularan corona di Kota Kretek masih mengalami kenaikan.

“Harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku,” ujarnya.

Andini menambahkan, standar pengukuran perubahan warna zona, salah satunya adalah terkait kapasitas atau daya tampung rumah sakit. “Tidak hanya dari jumlah kasusnya saja,” jelas dia.

Sementara hingga Rabu siang, GTPP Covid-19 Kudus mencatat ada sebanyak 419 kasus. Dengan rincian 298 kasus dalam wilayah, dan 121 kasus dari luar wilayah.

Baca: Kudus Zona Merah, Alun-Alun dan Balai Jagong Kembali Ditutup Mulai Malam Ini

Dari 298 kasus dalam wilayah, ada 56 kasus dirawat. Kemudian ada 87 kasus isolasi mandiri. Untuk kasus sembuh sendiri, angkanya sudah tembus 123 kasus. Semetara untuk kasus kematian juga naik menjadi 32 kasus.

Kemudian untuk kasus luar wilayah, tambahnya, ada sebanyak 14 pasien dirawat, 54 pasien jalani isolasi mandiri dan 40 pasien sembuh.

Kasus kematiannya sendiri ada sebanyak 12 kasus. Ditambah ada satu kasus yang tengah dirujuk.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...