Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Permintaan Bedah Rumah Meningkat, ZIS Baznas Pati Tahun Ini Ditarget Rp 5 Miliar

MURIANEWS, Pati – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pati tahun ini targetkan Rp 5 miliar dari pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). Target tersebut juga seiring banyaknya permintaan untuk bedah rumah tidak layak huni maupun penyaluran bantuan lain.

Ketua Baznas Pati KH Imam Zarkasi mengatakan, untuk 2018 kami mengumpulkan Rp 1,2 miliar kemudian meningkat pada 2019 menjadi Rp 2,6 miliar.

“Pada 2020 Insyaallah bisa mencapai Rp 5 miliar,” ujarnya di sela-sela bedah rumah di Desa Payang, Kecamatan Pati Kota, Selasa (14/7/2020).

Sejauh ini, lanjutnya, Baznas menyalurkan dana untuk beragam kegiatan sosial dengan sasaran kalangan tidak mampu. Bantuan relatif besar disalurkan melalui bedah rumah tidak layak huni (RTLH).

“Bantuan bedah rumah dari Baznas Pati untuk warga kurang mampu sudah mencapai ratusan unit sejak 2018. Rata-rata bantuan bedah rumah tidak layak huni sebesar Rp 15 juta,” imbuhhya.

Bantuan bedah rumah tak layah huni itu tersebar pada seluruh kecamatan di Pati. Kendati demikian, pihaknya masih terus melanjutkan program tersebut.

“Kalau khusus 2020 kami menargetkan bedah rumah 100 unit. Sampai saat ini sudah terealisasi 55 rumah. Masih ada 45 RTLH di pedesaan maupun perkotaan yang akan kami bantu,” terangnya.

Dia menambahkan, mayoritas pengumpulan dana tersebut berasal dari ZIS aparatur sipil negara (ASN), jumlahnya mencapai 90 persen. Adapun 10 persen sisanya ZIS dari warga dari berbagai latar belakang.

“Ada yang pengusaha, pejabat dan warga lain. Mereka mempercayakan kepada kami, maka kami juga akan menyalurkan sebagaimana mestinya,” tutup Imam.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...