Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemuda Asal Bangsri Jepara Dilantik Jadi Perwira TNI AL oleh Presiden

MURIANEWS, Jepara – Presiden RI Joko Widodo melantik 254 taruna Akmil, 97 Taruna AAL , 106  taruna AAU dan 293 taruna Akpol di Istana Merdeka, Selasa (14/7/2020). Dari sekian perwira yang dilantik, ada satu yang membanggakan masyarakat Jepara.

Ada satu Perwira Muda TNI AL asal Jepara yang juga menjadi salah satu perwira yang dilantik. Perwira muda itu adalah Letda Laut Dewangga Aji Negara. Pemuda ini merupakan warga asal dukuh Krasak Bangsri RT 2 RW 17 Bangsri, Jepara.

Dewangga Aji Negara merupakan salah satu lulusan terbaik dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia. Anak dari pasangan Edy Wijayanto dan Ida Fitriyani ini mengaku tertarik masuk TNI AL setelah mengetahui semboyan Join The Navy to See The World milik AL RI.

Baca: Ada Putra Terbaik Jepara Ikut Dilantik Presiden Jadi Perwira TNI AL

Sebelumnya pemuda pandai ini juga sempat mendaftar ke IPDN, namun gagal saat tahap verifikasi.

“Karena saya orang Bangsri Jepara yang lumayan dekat laut dan saya lihat perwira AL kalau pakai PDU (Pakaian Dinas Upacara, red) yang berwarna putih dan berpedang kelihatannya lain dari yang lain. Maka saya tertarik untuk mendaftar ke AAL setelah gagal test IPDN. Saya coba masuk tes taruna AAL dan lolos,” katanya.

Sebelumnya, Dewanga juga mengaku sempat saya terpikir untuk mengikuti jejak orangtuanya mejadi PNS Kejaksaan. Namun pemikirannya kemudian berubah, karena dirinya yakin bisa berkarir di bidang yang berbeda dengan orang tuanya.

Baca: Dua Orang Positif Covid, Pegawai DLH Jepara Dirapid Test

Selanjutnya karena ingin berbakti kepada NKRI lewat TNI- AL, keputusannya bulat masuk ke AAL.

Pemuda lulusan SMA Negeri 1 Bangsri tahun 2015 ini, mengaku selama menjalani pendidkan di AAL mendapatkan banyak pengalaman berharga. Banyak kesan yang didapatkannya selama menjalani pendidikan.

Pada awal-awal memang cukup membuatnya kaget. Namun karena suah menjad pilihan, akhirnya semua dihadapi dan dijalaninya dengan senang hati.

Baca: Jumlah Kasus Positif Covid-19 Tembus 708 Orang, RS di Jepara Overload

“Selama saya di AAL saya bisa kenal sama orang-orang dari Sabang sampai Merauke, dan saya tahu apa itu namanya jiwa korsa,” tambah Dewangga, dengan mantab.

Setelah dilantik oleh presiden RI, perwira yang pernah sekolah dibangku SD negeri 1 Krasak Bangsri, SMP negeri 2 Jepara ini mengaku langsung mendapatkan tugas dari negara.

Secara resmi ia sudah langsung harus bertugas di salah satu kapal perang  milik AL Indonesia. Kapal tersebut adalah KRI Karel Satsuitubun 356 yang berada di bawah kendali Satkor Koarmada II Surabaya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...