Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PBWJ Berharap Destinasi Wisata di Jepara Segera Dibuka

MURIANEWS, Jepara – Para pelaku wisata yang tergabung dalam Paguyuban Biro Wisata Jepara (PBWJ) mulai melakukan konsolidasi. Langkah ini dilakukan dalam persiapan penerapan New Normal bagi dunia pariwisata di Jepara.

Meski sampai saat ini perkembangan pandemi covid masih belum menunjukan tanda-tanda mereda, konsulidasi ini diharapkan bisa membuat para pelaku usaha wisata berada dalam posisi siap.

PBWJ juga berharap dunia wisata di Kabupaten Jepara bisa segera dibuka kembali. Dalam waktu empat bulan lebih ini, penutupan dunia wisata di Jepara telah memberikan dampak bagi para pelaku usaha pariwisata.

Banyak para pelaku usaha pariwisata yang saat ini menghadapi masalah berat, karena mereka tidak bisa mendapatkan penghidupan seperti biasanya.

“Kami memang melakukan konsolidasi untuk mempersiapkan diri. Dunia pariwisata di Jepara sudah empat bulan lebih ditutup. Kami mulai mempersiapkan diri jika pada saatnya nanti dibuka lagi, maka kami sudah memiliki kesiapan untuk melaksanakannya sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan dalam masa new normal,” ujar Ketua PBWJ, Solahudin Ghozali, Senin (13/7/2020).

Dalam konsolidasi yang dilakukan sudah dirumuskan beberapa ketentuan terkait dengan protokol kesehatan. Mulai dari syarat-syarat bagi wisatawan yang akan berkunjung sampai dengan tehnis lainnya yang dibutuhkan.

”Semua sudah dibahas, dan akan segera dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Otoritas di Karimunjawa juga sudah menyampaikan beberapa syarat yang harus dipenuhi jika akan mengunjungi Karimunjawa. Point-point itu juga dibahas dan masuk dalam rumusan new normal yang akan diterapkan,” ungkapnya.

Selanjutnya PBWJ juga berharap Pemkab Jepara bisa memberikan perhatian pada para pelaku usaha di Jepara. Pihaknya berharap Disparta Jepara juga mulai melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak pelaku usaha pariwisata di Jepara.

Saat ini hotel dan restoran juga sudah dipersilahkan untuk membuka usaha kembali. Karena itu pihaknya juga berharap hal yang sama diberlakukan untuk dunia pariwisata.

“Kami siap menerapkan protokol kesehatan dengan semua konsekuensinya. Kami juga ingin nasip kami ini juga mendapatkan perhatian dari Pemkab Jepara. Pemkab Jepara paling tidak juga sudah harus memikirkan solusi bagi kami-kami ini. Selama ini kami seperti tidak tersentuh perhatian terkait dampak covid,” tambah Solahudin Ghozali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...