Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada 28 Pasien Baru, Corona di Kudus Tembus 402 Kasus

MURIANEWS, Kudus – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus mencatat ada 28 kasus positif baru di Kota Kretek, Minggu (13/7/2020) malam. Namun, pasien didominasi dari luar daerah.

Yakni sebanyak 21 orang. Sementara tujuh pasien lainnya berasal dari dalam wilayah.

Sehingga sampai saat ini, kasus terkonfirmasi corona di Kabupaten Kudus menjadi 402 pasien. Dari jumlah tersebut, 282 kasus berasal dari dalam wilayah dan 119 kasus dari luar wilayah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dokter Andini Aridewi merincikan, kasus dalam wilayah terdiri dari 51 kasus dirawat, 81 kasus isolasi, dan 31 kasus meninggal dunia.

“Walau demikian, angka kesembuhan sudah tembus 114 kasus,” ucap Andini, Senin (13/7/2020) pagi.

Kemudian untuk kasus luar Wilayah, lanjut dia, terdiri dari, 14 kasus dirawat, 53 kasus isolasi, satu kasus dirujuk, dan 39 kasus sembuh. Sementara untuk kasus kematian mencapai 12 kasus.

Soal mulai banyaknya kasus dari luar wilayah, Andini mengatakan hal tersebut karena sejumlah rumah sakit di Kudus memang menjadi rujukan lini satu dan dua untuk penanganan Covid-19.

Selain itu, adanya laboratorium uji swab juga turut menjadi penyebab naiknya kurva pasien luar maupun dalam wilayah.

“Karena ada alat tersebut, tracing jadi makin mudah dilakukan,” terangnya.

Andini menambahkan, di masa sekarang memang semua pihak berisiko terpapar corona. Mengingat banyaknya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih berkeliaran. Kabupaten Kudus sendiri, kini tengah memantau sebanyak 303 OTG.

“Oleh karena itu kami tak hentinya mengingatkan supaya masyarakat tertib protokol kesehatan,” ujarnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah tetap menjaga jarak saat berada di kerumunan. Serta terus memakai masker ketika berada di luar rumah.

“Jangan lupa rajin mencuci tangan dengan sabun,” jelas Andini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...